ORANG TUA WAJIB TAHU, INI FAKTOR PENUNJANG KEBERHASILAN ANAK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

ORANG TUA WAJIB TAHU, INI FAKTOR PENUNJANG KEBERHASILAN ANAK

Koran lensa pos
Kamis, 03 Maret 2022

 Oleh : Firmansyah, S.Psi.M.MKes*



Sebelum anak mengenal dunia pergaulan yang lebih luas diluar lingkungan keluarga secara dini anak harus dipersiapkan dengan berbagai keterampilan sosial. Keterampilan sosial yang dimiliki anak menjadi modal bagi mereka dalam mengikuti berbagai interaksi atau pergaulan yang terjadi dilingkungan sosialnya.

Keterampilan sosial itu sendiri merupakan kemampuan anak untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara khusus yang dapat diterima dan menghindari perilaku yang di tolak oleh lingkungan.

Beberapa keterampilan sosial penting yang harus dimiliki oleh anak yang menunjang terjadinya interaksi sosial yang baik dan menyenangkan bagi anak diantaranya adalah 
Kemampuan mendengarkan orang lain, mengikuti petunjuk dan arahan, mentaati peraturan, mengacuhkan gangguan, meminta bantuan, berbicara secara bergantian, berkumpul bersama orang lain,
bersikap tenang ketika berada di tengah banyak orang, diundang ke sebuah acara keluarga, bertanggung jawab atas segala tindakan dan melakukan hal baik untuk orang lain.

Dengan menguasai keterampilan sosial tersebut diatas dalam pergaulan sosial anak dapat berinteraksi secara memuaskan dan bertanggungjawab dengan lingkungannya tanpa ada perasaan akan disakiti atau menyakiti orang lain. 

Sebagai orang tua sudah kita bekali putra dan putri kita dengan keterampilan sosial penting ini, bila belum mari kita upayakan secara dini keterampilan sosial itu agar dimiliki oleh anak-anak kita sehingga dalam berbagai interaksi sosialnya didamping anak bisa mengembangkan diri secara maksimal buah hati kita juga dapat menjadi sosok yang diharapkan oleh lingkungannya. 

*Penulis : Ahli Muda Pranata Humas dan Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu.