Menengok Giat Ronda Malam Para Babinsa Kodim 1614/Dompu Pada 11 Maret 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Menengok Giat Ronda Malam Para Babinsa Kodim 1614/Dompu Pada 11 Maret 2022

Koran lensa pos
Sabtu, 12 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karena itu Babinsa memiliki peranan sangat penting untuk membina dan mengarahkan warga binaan agar memiliki tanggung jawab bersama menjaga keamanan lingkungan agar tetap aman dan kondusif. Sebagai garda terdepan dalam kegiatan teritorial di tengah masyarakat, Babinsa kerap bersama mitra kerjanya Bhabinkamtibmas berpartisipasi mengambil bagian dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan sambil memberikan pembinaan.

Seperti yang dilakukan oleh para Babinsa di bawah naungan Kodim 1614/Dompu pada Jumat malam, 11 Maret 2022. Para Bhabinsa di masing-masing Koramil melaksanakan kegiatan bersama masyarakat.

Di Koramil 05/Pekat misalnya. Babinsa Desa Sorinomo SERDA M. Khalil  menghadiri acara Mbolo Weki di kediaman Supardi, warga setempat yang melaksanakan hajatan pernikahan anaknya. Dalam acara tersebut, Babinsa Serda M. Khalil menyempatkan untuk memberikan arahan dan pembinaan kepada warga binaan. Babinsa berharap kepada warga supaya menjaga situasi lingkungan sekitar agar tetap aman dan kondusif. 
"Bila ada hal-hal yang mencurigakan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas supaya dilaporkan kepada Babinsa maupun Bhabinkamtibmas," pesannya.

Babinsa juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh masyarakat yg telah berpartisipasi menyumbangkan baik tenaga maupun materi dlm kegiatan acara Mbolo Weki tersebut. Dikatakannya Mbolo Weki adalah budaya positif dari masyarakat Dompu yang dilakukan sejak dulu. Di dalam acara tersebut warga bermusyawarah untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh pemilik hajatan agar dapat dicari solusi bersama. Pada momen tersebut, warga memberikan dukungan finansial kepada keluarga yang berhajat untuk meringankan beban yang dihadapi di dalam melaksanakan hajatannya.
Usai menghadiri Mbolo Weki, Babinsa kemudian melakukan ronda malam bersama warga binaan di Dusun Pede Age untuk memantau situasi keamanan lingkungan.

 Sedangkan Babinsa Kadindi Barat Serda Safaruddin melaksanakan kegiatan kongkow dan ronda malam bersama warga binaan di Dusun Bage Payung untuk menjaga Kamtibmas. Pada kesempatan tersebut, Babinsa mengimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan apalagi sekarang  musim hujan disertai angin kencang.  Babinsa juga memberikan imbauan untuk bersama-sama  mematuhi protokol kesehatan dengan 3T (Testing, Tracing dan Treatmen) dan 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir, dan Menjaga Jarak).

Aktivitas serupa dilaksanakan oleh para Babinsa di Koramil 01/Dompu. 
Babinsa Desa Serakapi Serka Yaman  melaksanakan kongkow-kongkow dilanjutkan dengan ronda malam bersama warga binaan untuk menjaga Kamtibmas.
Meskipun kongkow diartikan sebagai obrolan yang tidak bermanfaat, namun kongkow bagi Babinsa adalah duduk dan berkumpul bersama warga untuk membahas berbagai persoalan terutama yang berhubungan dengan kamtibmas. Pada kesempatan itu Babinsa memberikan arahan dan bimbingan kepada warga di dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi sehingga bisa diselesaikan dengan baik.

Sementara Babinsa Kelurahan Dorotangga Pelda Sudirman  melaksanakan ronda malam bersama warga binaan. Dalam kegiatan tersebut, Babinsa memberikan imbauan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Sementara di Koramil 04/Kilo, Babinsa  Desa Taropo, Serda Mashudi melaksanakan kegiatan kongkow- kongkow bersama warga binaan di Dusun Taropo, membahas tentang panen jagung. Warga berharap harga jagung stabil  sampai 5 ribu. Babinsa juga mengimbau kepada warga agar menjaga keamanan lingkungan dari pencurian, peredaran narkoba dan lainnya.

Sedangkan Babinsa Desa Mbuju, Koptu Dahlan, melaksanakan kegiatan kongkow2 bersama warga binaan di Dusun Mbuju Desa Mbuju. Babinsa memberikan penjelasan kepada warga mengenai manfaat vaksinasi bagi anak-anak untuk memberikan imunitas tubuh dari bahaya virus corona yang tidak kasat mata. Karena itu diimbau kepada warga agar mendukung dan mengizinkan anak-anaknya untuk divaksin karena vaksin itu halal dan aman. Koptu Dahlan berharap kepada warga agar tidak percaya dengan isu-isu yang tidak jelas.mengenai bahaya vaksinasi.

Di Koramil 03/Hu'u, Babinsa Desa Hu'u, Sertu Rustam melaksanakan ronda malam bersama warga binaan di Dusun Sigi  Desa Hu'u. Selain mengarahkan warga agar mematuhi prokes, Babinsa juga menyampaikan pesan kepada warga agar selalu waspada dari angin kencang di musim hujan dan menjaga pergaulan anak-anaknya agar tidak melakukan perbuatan yang negatif.

Sedangkan Babinsa Desa Woko, Serda Saiful  melaksanakan kegiatan ronda malam bersama warga binaan  di Dusun Patu Pada Kena Desa Woko. Babinsa mengimbau warga yang belum melaksanakan vaksin agar segera melaksanakan vaksin dan menjaga situasi kamtibmas. 
Di Koramil 06/Manggelewa, Babinsa Desa Nusa jaya Serka Ibrahim bersama warga Binaan melaksanakan kegiatan patroli ronda malam di Dusun Mulia Sari mengingatkan agar tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah dan mematuhi prokes. 

Sedangkan Babinsa Desa Kampasi Meci Serda Abd Hamid  mengontrol warga Binaan yang sedang Ronda malam Di Dusun Karang Punik. Babinsa mengimbau kepada warga agar tetap menjaga keamanan di lingkungan dan mematuhi prokes.

"Alhamdulillah kegiatan ronda malam yang dilaksanakan para Babinsa malam ini semuanya berjalan lancar dan aman," jelas Pasi Intel Kodim 1614/Dompu, Kapten Inf. Ibrahim. (emo).