Ini Kegiatan Binter Para Babinsa di Dompu Pada 20 Maret 2022

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ini Kegiatan Binter Para Babinsa di Dompu Pada 20 Maret 2022

Koran lensa pos
Senin, 21 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Bintara Pembina Desa) merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Babinsa berada di bawah Komando Rayon Militer (Koramil), bagian dari Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komando Resor Militer (Korem), yang menginduk pada Komando Daerah Militer (Kodam).
 
Babinsa memiliki tugas pokok dan fungsi membina masyarakat. Sehingga tugas pembinaan terus dilakukan oleh para Babinsa dalam rangka menjaga situasi dan kondisi kamtibmas tetap kondusif dan berjalan sesuai koridor masing-masing.

Tidak terkecuali bagi para Babinsa yang berada di 6 (enam) Koramil di bawah Kodim 1614/Dompu. Mereka berkumpul bersama masyarakat untuk memberikan pembinaan teritorial (Binter) kepada warga ke arah yang lebih baik.

Pada Minggu, 20 Maret 2022, para Babinsa di Dompu melaksanakan tugas sebagaimana biasanya. Meski hari Minggu itu sebagai hari libur, namun tugas pembinaan teritorial kepada masyarakat tetap dilaksanakan.

Dimulai dari Koramil 01/Dompu, Babinsa Madaprama,  Serma Sukri melaksanakan Komsos dengan masyarakat Dusun Mada Libi membahas tentang kenakalan remaja. Di mana anak muda di Dusun tersebut sering main karambol kadang sampai larut malam sehingga masyarakat terganggu, Babinsa dan Babinkamtibmas menghimbau agar mereka bisa membatasi waktu bermain terutama di waktu malam hari dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sedangkan Babinsa Kelurahan Dorotangga, Pelda Sudirman melaksanakan Komsos dan Kerja Bhakti bersama warga binaan. Babinsa menghimbau agar bekerja dengan ikhlas dan tetap jaga keamanan. Babinsa juga mengimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 dengan cara Memakai masker, Cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
Di Koramil 02 / Kempo, Babinsa Desa Tolokalo, Pelda Irwan melaksanakan Komsos dengan masyarakat di Dusun Kesi. Babinsa sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi tentang PPKM Mikro, 3M dan 3T sekaligus mengimbau  kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan hindari kerumunan serta agar selalu menjaga keamanan.

Hal yang sama dilakukan Babinsa Desa Taa, Sertu Syaiful. Babinsa melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat di Dusun Reformasi. Babinsa menyampaikan edukasi dan sosialisasi tentang PPKM, 3M dan 3T sekaligus menghimbau  kepada Warga agar tetap mematuhi protokol  kesehatan untuk mengantisipasi varian baru omicron 

Di Koramil 03/Hu'u, Babinsa Lepadi Serda Ruslan melaksanakan komsos dengan warga di Dusun Wera. Babinsa mengingatkan warga agar tetap menjaga keamanan dan saling nenghargai antara sesama. Babinsa mengingatkan pula agar tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Sedangkan Babinsa Desa Jala, Sertu Anas M melaksanakan komsos bersama warga dilanjutkan kegiatan gotong royong pengecoran bantalan atas Mesjid Babusafina Desa Jala. Babinsa mengimbau kepada warga agar mematuhi prokes yang sudah ditetapkan pemerintah.

Di Koramil 04/Kilo Babinsa Desa Taropo Serda Mashudi pada pukul 10.30 Wita melaksanakan  komsos  bersama warga binaan di Dusun Taropo Desa Taropo. Babinsa menasehati anak pendatang dari Sumba NTT yang datang memetik jagung agar ada keributan agar menjaga keamanan. 
Tidak lupa Babinsa mengimbau kepada warga agar mematuhi protocol covid 19 dengan sering mencuci tangan,  menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Adapun Babinsa Desa Mbuju Koptu Dahlan, melaksanakan komsos bersama warga binaan di Dusun Mbuju. Babinsa mendampingi pihak Bank BRI Cabang Dompu berkomunikasi dengan nasabah untuk penggemukan sapi. Babinsa juga memberi pemahaman terhadap nasabah agar tepat waktu pembayaran sebelum jatuh tempo supaya ke depan tetap dipercaya oleh pihak Bank.
Dan juga tetap mengimbau kepada staf desa bersama warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19.
Kegiatan dapat berjalan aman dan lancar.

Di Koramil 05 / Pekat Babinsa Desa Doropeti, Serma Mahyudin bersama Kepala Desa pada pukul 10.00 Wita menghadiri acara akad nikah warga binaan di Dusun Samada. Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan sekapur sirih kepada kedua calon mempelai agar keduanya memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga terjalin rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah. 
Pada kegiatan tersebut, Babinsa juga mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak. 

Babinsa Desa Soritatanga, Serda Juliardin pada pukul 10.20 Wita  membantu warga binaan yang melaksanakan pembongkaran warung/kios di Dusun Ngguwu Belanda. Babinsa memberi motivasi kepada masyarakat agar saling membantu atau kerja sama satu sama lain untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan.
Pada kegiatan tersebut, Babinsa juga memberi imbauan untuk bersama-sama mematuhi prokes. 

Di Koramil 06/Manggelewa, Babinsa Desa Soriutu, Pelda Darwis pada pukul 15.25 Wita melaksanakan komsos bersama warga Binaan di Dusun Madalandi membahas tentang jumlah hasil panen jagung dan padi. Babinsa mengimbau pada warga yang belum melaksanakan kelanjutan vaksin ke 2 dan mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara Babinsa Banggo, Sertu Budiman melaksanakan komsos dengan warga binaan di dusun mustika membahas tentang keamanan dan kebersihan lingkungan yang ada di tiap-tiap dusun di Desa Banggo serta memberikan himbauan kepada  warga binaan untuk melaksanakan vaksin ke 3 dan mengimbau kepada warga  agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan. (emo).