23 TAHUN DARI SEKARANG KITA AKAN SONGSONG HADIRNYA GENERASI EMAS

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

23 TAHUN DARI SEKARANG KITA AKAN SONGSONG HADIRNYA GENERASI EMAS

Koran lensa pos
Kamis, 03 Maret 2022

Oleh : Firmansyah, S.Psi., M.MKes*



Generasi Emas (Gold Generation) sebagai generasi penerus bangsa yang kehadiran dan peran mereka akan menentukan masa depan dan integritas bangsa Indonesia. Dalam perkembangannya generasi emas ini juga diharapkan punya kompetensi yang baik, memadai dan dengan karakter yang kokoh dan juga dengan kecerdasan yang tinggi dan kompetitif.

Mengapa kehadiran generasi emas sudah harus dipikirkan dari sekarang padahal generasi ini sesuai terget waktu akan hadir di tahun 2045, jadi masih berlangsung 23 tahun lagi dari sekarang. 

Pada dasarnya bibit-bibit unggul itu sudah harus ada dari sekarang. Anak-anak kecil maupun yang baru lahir tahun ini sudah berada di sekeliling kita. Merekalah yang akan memimpin bangsa ini di tahun 2045 kelak. Di tangan mereka yang masih bayi dan anak-anak sekarang inilah, masa depan dan nasib bangsa ini dipertaruhkan.

Cita-cita dan impian Indonesia untuk tahun 2045 adalah berdaulat, maju, adil dan  makmur.  Untuk kitu harus didukung dengan empat pilar yang menopangnya, yakni  1). pembangunan SDM dan penguasaan iptek, 2). perkembangan ekonomi berkelanjutan, 3). pemerataan pembangunan, dan 4). ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.   

Apa yang menjadi cita-cita dan harapan tersebut diatas tentu sangat bergantung dari kesiapan dan keunggulan putra putri bangsa saat ini dan bila semuanya sudah disiapkan dengan baik maka dengan mudah apa yang menjadi harapan dan cita-cita itu dengan mudah dapat tercapai dengan demikian mari kita secara bersama sesuai dan perannya masing-masing untuk menyiapkan tunas muda kita dari sekarang sehingga mereka dapat menjadi generasi emas bangsa Indonesia di tahun 2045 nanti.

"Penulis : Ahli Muda Pranata Humas, Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu dan juga Konsultan Psikologi