Untuk Keamanan, Setiap Pengunjung Polres Dompu Akan Dicek Barang Bawaan

Kategori Berita

.

Untuk Keamanan, Setiap Pengunjung Polres Dompu Akan Dicek Barang Bawaan

Koran lensa pos
Kamis, 06 Januari 2022

 

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S. IK melakukan pengecekan kesiapsiagaan Mako, Kamis (6/1/2022)


Dompu, koranlensapos.com – Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K didampingi Wakapolres Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos dan pejabat utama Polres Dompu usai melaksanakan apel pagi, Kamis (06/01/2022) pukul 09.00 wita melakukan pengecekan Markas Komando (Mako). Pengecekan dilakukan untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Dompu dalam upaya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan di Mako Polres Dompu. 

Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K mengungkapkan pihaknya tidak mau underestimate, meskipun wilayah Kabupaten Dompu aman dan kondusif. Sehingga anggotanya harus tetap waspada dan siap siaga.

“Kita tidak mau underestimate, penjagaan dan pengamanan harus terus ditingkatkan. Terutama pengamanan mako, baik Mako Polres maupun mako polsek jajaran,” katanya

Kapolres menegaskan pengecekan Mako baik sarana dan prasarana berupa perlengkapan CCTV baik di luar Mako maupun di dalam ruangan dimaksudkan untuk mewaspadai terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di Mako Polres Dompu serta keseiapsiagaan anggota Penjagaan Mako Polres Dompu.

"Penjagaan di Mako Polres Dompu sudah dilakukan tiap saat namun perlu ditingkatkan pengecekan keamanan di setiap titik terutama pintu keluar masuk Mako," tandasnya.

Setiap pengunjung yang mendatangi Polres, akan diperiksa terlebih dahulu, terutama barang-barang yang dibawa. Semua barang yang dibawa dilakukan pengecekan oleh petugas. Bahkan sebelum masuk pengunjung dipersilakan menyampaikan maksud dan tujuan kemudian orang tersebut juga diperiksa baik barang bawaan dan sebagainya.

“Kita sebenarnya sudah memiliki Standar Operasional (SOP), tentang bagaimana melayani masyarakat dan mengamankan markas komando. Kita sudah siapkan semua, bagaimana tim kita yang mengawasi, bagaimana tim kita yang melayani,” ungkapnya.

Tidak hanya di Markas Polres Dompu, Kapolres mengintruksikan semua markas Polsek untuk meningkatkan keamanan dan penjagaannya serta di setiap titik-titik yang memungkinkan atau pintu keluar Mako agar dipasangkan CCTV sebagai camera pemantau.

“Kita menyampaikan mohon maaf dulu kepada masyarakat semua yang datang ke Polres atau Polsek untuk meminta pelayanan. Kita akan lakukan pengecekan. Ya bagi yang bawa tas, bawa ini itu kita cek. Mungkin lebih ketat lagi dari sebelumnya ya,” tambah dia.

Selain pengecekan pengunjung, petugas yang berjaga juga diperintahkan untuk rutin melakukan pemantauan aktivitas di jalur keluar masuk Polres Dompu melalui CCTV.

“Kita siapkan untuk bersiaga senjata laras panjang di pos penjagaan Mako, kemudian kita kasih pengaman (rompi anti peluru), petugas juga selalu memonitor melalui CCTV khususnya di jalur keluar masuk,” tegasnya. (emo).