Program Berjasa, Minggu Sehat Bisa Diwujudkan

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Program Berjasa, Minggu Sehat Bisa Diwujudkan

Koran lensa pos
Senin, 24 Januari 2022

 Oleh : Andi Hermawan, S. Kom*

             Andi Hermawan, S. Kom

Program Berjasa di Kabupaten Dompu yaitu Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat merupakan gagasan cemerlang yang patut kita dorong secara bersama-sama. Peran pemerintah dan masyarakat harus optimal merancang, mendukung dan menjalankan program ini dengan cara berkolaborasi. 

Saya tertarik dengan program ini. Terutama Minggu Sehat. Sangat mudah cara mengimplementasikan dengan tepat dan cepat. Prosesnya adalah pemerintah mulai sekarang menyiapkan perangkat. 

Perangkatnya adalah libatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Mulai dari Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pariwisata. Harus satukan frekuensi. Selain itu perusahaan swasta juga tolong berikan ruang expresinya. 

Pertama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ini sosialisasikan kepada siswa dan guru. Di sana ada komunitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Dompu. Ada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).  Dompu punya banyak sekolah di wilayah kota. Bisa diajak, berkolaborasi.

Begitupun juga dengan Dinas Kesehatan. Ada rumah sakit, ada Puskesmas. Punya komunitas Ikatan Dokter dan Ikatan Bidan. Berjumlah banyak. Silakan ajak. Ramaikan. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan siapkan rencana dalam mendorong percepatan program pemerintah yaitu menciptakan 1000 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai binaan pemerintah. Sehingga ke depan akses modal usaha tidak ribet lagi. Ada ijin usaha dan NPWP jelas aturannya. 

Perusahaan swasta bisa bantu siapkan stand untuk jualan. Kasih bantuan pinjaman ke UMKM. Ada penangung jawab. Kerjakan ramai-ramai. Mudah kok. Bisa juga perusahaan swasta ikut berjualan produk-produknya. 

Belum lagi komunitas Bhayangkari, Komunitas persatuan istri tentara, Ibu-Ibu PKK, Gabungan Organisasi Wanita. Komunitas Pejalan Kaki. Komunitas Pengusaha. Ini semua bisa dilibatkan. Tinggal bangun komunikasi yang baik. Saya kira semua elemen mau melakukan kegiatan Minggu Sehat itu. 

Nah.. Sekarang supaya ada daya tarik. Aktifitas Minggu sehat seperti car free day nantinya. Pemerintah dan Organisasi masyarakat sipil harus buatkan jadwal kegiatannya. 

Setiap Minggu buat acara lomba hiburan anak-anak atau ibu-Ibu. Bisa aktifitas musik, diskusi publik, berpuisi, Lomba lukis anak-anak. Atau apasaja deh yang penting sehat dan positif. 

Kalau sudah demikian. Wacana car free day itu sangat mudah. Kita semua harus konsisten di awal. Nanti akan muncul kebiasaan dan tumbuh secara alami kedepanya. 

Dompu bakalan punya ruang publik sehat. Bebas berpolusi. Bisa olahraga pagi-pagi. Ngumpul sama keluarga. Bisa bermain. Bisa sambil makan-makan. Perputaran ekonomi kerakyatan hidup. Indeks kebahagiaan masyarakat tumbuh. Sehat dan bisa bersenang-senang.

Sekarang waktunya dikerjakan !!!

(* Penulis Wakil Ketua PC IPNU Dompu)