Pegawai Puskesmas Dompu Kota Masih Beradaptasi Dengan Kantor Baru

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pegawai Puskesmas Dompu Kota Masih Beradaptasi Dengan Kantor Baru

Koran lensa pos
Sabtu, 29 Januari 2022

 

     Kepala Puskesmas Dompu Kota, H.             Syarif Efendi, S. KM., M. Kes


Dompu, koranlensapos.com - Bagi siapapun, berada di tempat yang baru atau menempati lokasi yang baru pasti butuh waktu untuk beradaptasi. Tidak terkecuali dengan para pegawai dan tenaga kesehatan di Puskesmas Dompu Kota. 
Sekitar akhir bulan Desember 2021 lalu,. Bangunan Puskesmas baru yang berlokasi di dekat perempatan traffic light Sawete Kelurahan Bali Kecamatan Dompu telah ditempati. Bagi para pegawai dan nakes yang berdinas di Puskesmas itu masih beradaptasi dengan bangunan baru yang tampak megah dan mentereng itu.

"Bangunannya memang bagus tapi kecil-kecil kami sehingga masih beradaptasi dengan tempat baru itu," ungkap salah seorang nakes kepada media ini akhir Desember 2021 lalu. 

Menurut Nakes tersebut, bekerja di bangunan Puskesmas lama masih lebih nyaman ketimbang di gedung baru itu.

"Di samping ruangannya kecil-kecil, di bagian timur dipasang kaca bening semua sehingga sinar matahari yang masuk sangat mengganggu saat kami bekerja," ucap Nakes itu.

Kepala Puskesmas Dompu Kota, H. Syarif Efendi, S. KM., M. Kes yang ditemui awak media di ruang kerjanya, Jumat pagi (28/1/2022) mengakui bahwa para pegawai masih beradaptasi dengan bangunan Puskesmas baru tersebut. 
Syarif Efendi berterima kasih kepada pemerintah atas pembangunan kantor baru tersebut agar bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Disebutnya bangunan baru tersebut cukup representatif dan memberikan kenyamanan. Namun segala sesuatu yang baru membutuhkan waktu bagi seluruh pegawai untuk beradaptasi.

"Alhamdulillah nyaman tapi kami masih menyesuaikan dengan tempat yang baru ini," kata pejabat pecinta gowes (bersepeda) ini.

Disebutnya pembangunan gedung baru Puskesmas yang dipimpinnya itu bersumber dari dana DAK pusat sehingga prototype-nya pun mengacu pada standar yang telah ditentukan oleh pusat dan tidak bisa dilakukan perubahan sejak awal pembangunannya.
"Tipe bangunan ini sebenarnya di wilayah perkotaan yang lahannya sempit. Ini kan lokasinya luas, kanan kirinya masih banyak yang kosong, permasalahannya prototype-nya sudah dari pusat," tuturnya.

Dikatakannya sebagai lokasi yang baru, 
memang banyak hal yang harus dibenahi terutama terkait dengan struktur, data, denah maupun alur pelayanan.

Apalagi dalam waktu tidak lama lagi akan menghadapi proses Re-akreditasi (akreditasi ulang). 

"Di bawah kepemimpinan Ibu Dela (Dewi Laila Mahligai Putri, Kepala Puskesmas lama yang sekarang menjabat Kabid di RSU Dompu,red) Puskesmas Kota mendapat Akreditasi Utama. Karena masa akreditasi itu 3 tahun sehingga akan dilakukan Re-akreditasi," ujarnya.

Pejabat yang familiar dengan sapaan Haji Endi ini menyebutkan bahwa Surveyor akan melakukan proses Re-akreditasi pada bulan Mei 2022 mendatang. Hasil survey yang dilakukan oleh Surveyor dalam proses tersebut  akan menentukan nilai akreditasi  bagi Puskesmas Dompu Kota untuk 3 tahun ke depan. (emo).