Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wisuda Akbar 1000 Santri di Dompu Sukses dan Lancar

Rabu, 22 Desember 2021 | 6:45 PM WIB Last Updated 2021-12-22T21:04:57Z

 


Dompu, koranlensapos.com - Wisuda Akbar 1000 Santri yang dilaksanakan oleh Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Kabupaten Dompu NTB berjalan dengan sukses dan lancar.

Kegiatan yang dihelat di Paruga Samakai Dompu pada Rabu (22/12/2021)  dengan tema "Wujudkan Dompu yang Religius dengan Penguatan Fungsi Al-Qur'an" itu dihadiri langsung oleh Bupati Dompu Kader Jaelani bersama Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST., MT dan Bunda PAUD Kabupaten Dompu, Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani.

Paruga Samakai sejak pagi pukul 07.00 Wita sudah penuh sesak. Para santri TPQ yang diwisuda hadir dengan berpakaian seragam putih-putih  nampak bersemangat untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Tidak ketinggalan para orang tua dan ustadz/ustadzah pembimbing TPQ masing-masing juga terlihat hadir dengan wajah sumringah. Kendati harus berdesak-desakan di gedung megah berlantai dua itu, namun tidak menurunkan semangat untuk mengikuti prosesi wisuda santri yang berlangsung 5 atau 6 tahun sekali itu.

Pra acara ditampilkan drama berjudul "Islamnya Umar Bin Khattab ditampilkan oleh para santri dari Rumah Tahfidz Generasi Emas Muslim Lingkungan Jado Kelurahan Dorotangga. 
Pembacaan Kalam Ilahi  dihantarkan oleh Uly Aulyah dari Desa Dorebara Kecamatan Dompu dilanjutkan dengan Ikrar Santri oleh dua santriwati yang diikuti lebih dari 1000 santri yang hadir.

Ketua Panitia, Ustadz Imamul Arif, M. Pd.I kemudian membacakan 10 wisudawan terbaik. Mereka adalah Uly Aulyah dari TPQ Nurfida Desa Dorebara, Muhammad Ulul Azmi dari Rumah Tahfidz Al Istiqomah Kandai Dua, M. Jamal dari TPQ Al-Mubarok Pajo, Khofifah An - Najah dari Rumah Tahfidz Generasi Emas Muslim Dorotangga, ST. Maryam Aisyahkira dari TPQ Mawaddah Wasalamah Dompu, Muh. Taufik Adriawan dari TPQ Al Hasanah Manggelewa, Ariyanti dari TPQ Al Wildan Hu'u, Husnul Khatimah dari TPQ Husnul Khotimah Kilo, Muhammad Fitratul Syawal Insan dari TPQ Husnul Khotimah Kempo serta Nurul Aini dari TPQ Baitul Khoir Pekat.

Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Dompu, Ustadz Abdul Munawar, M. Pd dalam sambutannya mengaku terharu dan bangga dengan kesemangatan para santri di masing-masing TPQ maupun rumah tahfidz dalam mempelajari Al-Qur'an sebagai Kalamullah. Hasil munaqosah yang berlangsung di masing-masing kecamatan oleh Tim Munaqis dari BKPRMI Kabupaten Dompu membuktikan hal itu. Dikatakannya anak-anak hebat berkat peran dari ibu yang hebat pula. 

"Melalui momen Hari Ibu ini saya sampaikan selamat kepada ibu-ibu hebat yang akan melahirkan hafidz-hafidz Al-Qur'an yang hebat," ucapnya.

Sebelum prosesi wisuda, didemonstrasikan kemampuan tiga wisudawan terbaik (Uly Aulyah dari TPQ Nurfida Desa Dorebara, Muhammad Ulul Azmi dari Rumah Tahfidz Al Istiqomah Kandai Dua, M. Jamal dari TPQ Al-Mubarok Pajo)
dalam tilawail Qur'an, tahfidul Qur'an dan hafalan doa sehari-hari yang dipandu oleh Sekretaris DPD BKPRMI Kabupaten Dompu, H. Arifaid M. Saleh, S. Sos.

Bupati Dompu Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak dan juga kepada segenap jajaran LPPTK BKPRMI atas terselenggaranya kegiatan ini. 

"Dengan hadirnya kegiatan ini, saya dapat hadir menyaksikan anak-anak hebat Bumi Nggahi Rawi Pahu, melakukan proses pencapaian pertama, yaitu berhasil menyelesaikan pendidikan di TK/TP Al- Quran, di usia yang masih sangat muda. Anak-anak yang diwisuda ini adalah generasi emas bangsa dan daerah, yang kelak di pundak mereka estafet kepemimpinan bangsa dan daerah dipertaruhkan. merekalah yang kelak akan membuat daerah ini banyak meraih kemajuan dan perubahan, mereka yang juga akan menorehkan berbagai tinta emas untuk kegemilangan dan kemashuran bangsa dan daerah yang kita cintai dan banggakan bersama ini. Kegiatan ini tentunya sungguh sangat membahagiakan anak-anak sekalian sekaligus membanggakan bagi para orang tua," kata Bupati.


Dikemukakan Bupati, wisuda bagi para santri merupakan suatu penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai, wisuda juga merupakan pembuktian bahwa mereka telah pandai membaca dan menulis Al Qur’an. Oleh sebab itu perlu diberikan penghargaan salah satunya dengan mengabadikannya melalui acara wisuda sekaligus untuk menjadikan kenangan yang tidak terlupakan bagi para santri.

Lebih lanjut Bupati AKJ mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu. 

"Hal dimaksud tentunya bukan menjadi tugas dan kewajiban pemerintah daerah semata, melainkan perlu kerjasama dan keterlibatan aktif dari seluruh orang tua, pihak sekolah, guru serta stakeholder lainnya, bahu membahu bersama meningkatkan kualitas pendidikan guna mewujudkan Dompu MASHUR yaitu Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius," paparnya.


Ditambahkan Bupati Pemerintah Kabupaten Dompu lewat program JARAPASAKA berupaya mewujudkan Dompu MASHUR pada sektor keunggulan dan religius.

"Pertama dengan meningkatkan spiritualitas masyarakat melalui berbagai kegiatan di antaranya Dompu Mengaji dan kedua setiap desa atau kelurahan terdapat TPQ-TPQ sebagai tempat di mana anak-anak kita akan belajar mengaji dan menghafal Al Qur’an," jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapan semua pihak agar anak-anak  yang wisuda tidak hanya dari sisi kuantitas, tapi lebih pada memperbaiki kualitas bacaan terus belajar dan memperbaiki bacaan. selain itu, bisa mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sedini mungkin,  agar dapat menjadi generasi yang qur’ani, yang cerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa.

"Mudah-mudahan apa yang kita upayakan ini, tercatat sebagai amal ibadah dan anak-anak shalih dan shalihah yang telah kita rawat dan bimbing untuk menjadi generasi qur’ani bisa menghantarkan kita, menuju surganya Allah Azza Wa Jalla," pungkas AKJ. (emo).








×
Berita Terbaru Update