Usai Zoom Meeting Bersama Wapres, Wabup Dompu Pimpin Penanaman Kelor di Desa Kramat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Usai Zoom Meeting Bersama Wapres, Wabup Dompu Pimpin Penanaman Kelor di Desa Kramat

Koran lensa pos
Sabtu, 11 Desember 2021

 



Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka Memperingati Hari Perkebunan Nasional (HARBUN) Tingkat Nasional ke 64, maka di Kabupaten Dompu dilakukan penanaman perdana bibit pohon kelor di Dusun Sorokilo Desa Kramat Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu.  Sebagai rangkaian dari kegiatan dimaksud, sebelumnya telah berlangsung zoom meeting dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. KH. Ma'ruf Amin dan 

Kegiatan tersebut dihadiri dan dipimpin oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST, MT. Hadir pula Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Zainal Arifin, Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Ir. Syamsudin, PLT Camat Kilo Rudi Purtomo, SP, Danramil 1614-04/Kilo Kapten Inf. Muslimin, Kades se- Kecamatan Kilo, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kilo), Kaharudin S.ST serta Kelompok Tani Kelor Kecamatan Kilo.

Wabup H. Syahrul Parsan mengemukakan bahwa dalam rangka Hari Perkebunan Nasional ke 64 di Kabupaten Dompu, lokasi yang dipilih adalah Kecamatan Kilo yang menjadi sentral  penanaman komoditi bibit Kelor untuk menunjang perekonomian di  sektor Pertanian.

Kepala Desa Kramat Usman M. Ali menyebutkan bahwa bibit kelor yang ditanam diperoleh dari bantuan dana aspirasi (Pokir) Anggota DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, ST., MM sebanyak 120 ribu pohon untuk Kelompok Tani Kelor di Desa Kramat. 

Kelompok Tani Kelor di Desa Kramat merupakan penyedia bahan baku untuk pembuatan teh kelor Moringa Kidom  CV. Tri Utami Jaya. Produk yang sudah go international tersebut memiliki pabrik berlantai dua di Kota Mataram dengan menggunakan mesin produksi modern. Pabrik milik Nasrin H. Mukhtar 
asal Desa Malaju Kecamatan Kilo itu diresmikan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkiefkimansyah, SE., M. Sc.

Beberapa waktu lalu pabrik teh kelor yang kini juga sudah memproduksi Kopi Kelor dan Kosmetika berbahan baku kelor itu dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno. 
Baru-baru ini perusahaan tersebut mendapatkan Penghargaan Paramakarya 2021 dari Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin kepada Owner Tri Utami Jaya Nasrin H. Mukhtar di Jakarta 18 November 2021 lalu. (emo).