Pengurus Daerah IGI Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima Dilantik

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pengurus Daerah IGI Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima Dilantik

Koran lensa pos
Selasa, 28 Desember 2021

 


Dompu, koranlensapos.com - Pengurus Daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima dilantik secara bersamaan di Aula Pendopo Bupati Dompu, Selasa (28/12/2021) pukul 09.30 Wita.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Drs. H. Rifaid, M. Pd, dan Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Iskandar, S..Pd.

Surat Keputusan (SK) PP IGI Pusat dibacakan oleh Miftahur Rahmah, S. Pd bernomor 276/PP/KEP/6/X/2021 tentang Susunan Pengurus Daerah IGI Kabupaten Dompu dan juga Pengda IGI Kabupaten Bima dan Kota Bima. 

Selanjutnya pelantikan dilakukan oleh Ketua Wilayah IGI Provinsi Nusa Tenggara Barat Ermawanti, S.Pd., M.Pd.

Selain Ketwil NTB, hadir pula Wakil Ketua, Hairil Anwar, S.Pd, 
Sekretaris Wilayah,  Halil Subagiono, S.Pd., M.M, Kabid Diklat Nengah Istiqomah, M.Pd, Bendahara Hj. Nur'aini, S.Pd., M.Pd, Kabid Organisasi Yudi Ananto, S.Pd. 
Sedangkan dari Pengurus Pusat IGI hadir Syahruna, S. Pd (Ketua Dewan Kehormatan PP IGI).


Dilantik pada kesempatan tersebut Pengurus Daerah IGi Kabupaten Dompu yang diketuai oleh Ida Faridah, S. Pd, Pemgurus Daerah IGI Kabupaten Bima diketuai oleh M. Olan Wardiansyah, M. Pd dan Pengurus Daerah IGI Kota Bima yang diketuai oleh Bambang Setiawan, S. Pd.

Ketua IGI Kabupaten Dompu, Ida Faridah, S. Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Dompu yang telah memberikan tempat untuk pelantikan di Aula Pendopo Bupati Dompu.

"Ini sangat luar biasa bagi kami," ucapnya.

Lebih lanjut Ida mengajak semua Anggota IGI untuk bersama membangun dunia pendidikan.

"Mari kita bergerak bersama membangun pendidikan. Jangan melihat siapa yang menjadi apa. Saya sebagai ketua jauh dari kesempurnaan. Bapak ibu hebat yang menjadi pengurus inilah yang menyempurnakan kekurangan saya, mari kita terapkan manajemen kolaboratif partisipatif," pintanya.

Selanjutnya Ida Faridah mengajak para guru untuk menunjukkan karya-karya nyata di dalam mendidik anak-anak bangsa serta selalu saling berbagi informasi dan pengalaman demi kemajuan pendidikan.

"In syaallah IGI adalah tempat berkumpulnya guru-guru hebat yang berbagi dan tumbuh bersama sesuai dengan motto kita Sharing and Growing Together," paparnya.

Ida mengemukakan bahwa IGI  IGI memiliki misi : Mewujudkan Peningkatan Mutu, Profesionalisme, Kesejahteraan, Perlindungan Profesi Guru dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

"Dalam melaksanakan misi tersebut, IGI selalu bersinergi, budaya kebersamaan dan gotong royong sesama anggota. Kami bersinergi dengan pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, seperti sekarang kami bersinergi dengan pemerintah sehingga mendapat tempat yang luar biasa ini. Pada hari ini juga kami disponsori oleh Pegadaian Area Dompu. Kami menyampaikan ucapan terima kasih," ujarnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT mengawali sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus IGI Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima yang telah dilantik.

"Semoga membawa kemajuan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima," harapnya.


Lebih lanjut Wabup menekankan pentingnya menghargai waktu karena waktu terus berputar tanpa pernah kembali lagi. Apabila tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka waktu akan terbuang dengan sia-sia. Dikatakannya cara guru menghargai waktu adalah dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik.

"Jadi guru harus memiliki sikap
disiplin karena sikap, tutur kata kita sebagai pendidik menjadi panutan bagi anak didik dan masyarakat," pesannya.

Diharapkannya pula bahwa guru harus memberi contoh tauladan yang baik bagi murid-muridnya. 

"Guru bukan saja mengajarkan ilmu. Tetapi juga harus disertai dengan keteladanan sehingga sebagai guru bisa terus dikenang oleh murid-muridnya sampai kapan pun. Saya masih ingat guru-guru TK dan SD saya," ucapnya.

Kemudian Wabup menyampaikan para anggota IGI jangan berkecil hati karena jumlah keanggotaan yang masih minim. 

"Jangan berkecil hati karena anggotanya kecil hanya sekitar 500 orang. Karena semua yang besar berawal dari kecil," ujarnya sembari mengajak semua anggota IGI agar selalu menumbuhkan kreativitas dan selalu berinovasi. Menurut Wabup kreativitas dan inovasi lambat laun akan menghasilkan perkembangan yang baik sehingga organisasi setahap demi setahap akan tumbuh menjadi besar.

Selain harus kreatif dan inovatif, Wabup meminta agar guru senior bisa menransfer pengalaman-pengalamannya serta selalu memberikan motivasi kepada guru-guru yang yunior demi kemajuan dunia pendidikan. Motivasi belajar juga harus selalu ditanamkan kepada para siswa agar memiliki semangat di dalam menimba ilmu pengetahuan. 

Wabup juga menyinggung persoalan mutasi guru. Ditegaskannya mutasi bukanlah persoalan suka atau tidak suka. Tetapi semata-mata mempertimbangkan kemajuan pendidikan di tempat guru itu ditugaskan.

Di akhir sambutannya Wabup kembali menekankan agar guru berpikiran maju demi kemajuan pendidikan.

"Dunia pendidikan bisa maju kalau pendidiknya juga maju," ujarnya.



Ketua Panitia Kisman, M. Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Dompu yang telah menyiapkan tempat pelaksanaan kegiatan pelantikan.
Kisman menyebut dana kegiatan bersumber dari swadaya Pengurus dan Anggota IGI Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima dan sumbangan dari donatur lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyajian materi oleh para Guru Penggerak hingga pukul 11.30 Wita. (emo).