Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satgas Apter Kodam IX/Udayana Bangun Jambanisasi di Pedalaman Pegunungan Jayawijaya

Selasa, 09 November 2021 | 6:45 PM WIB Last Updated 2021-11-09T10:45:42Z

 



Papua, koranlensapos.com -  Kesehatan adalah hal yang mutlak dalam kehidupan manusia sehari - hari.
Jamban merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari mengingat dampak dari buang kotoran sembarangan dapat menimbulkan masalah baru baik bagi pribadi ataupun  bagi lingkungan.


Satgas Apter asal Kodam IX/ Udayana yang merupakan Prajurit - Prajurit pilihan dari wilayah Korem 162/WB, Korem 161/WS dan Korem 163/WSA, Selasa (9/11/2021) diterjunkan di Wilayah Penugasan Pegunungan Tengah Jayawijaya Papua tepatnya di Distrik Eragayam Kabupaten Membramo Tengah.


Sinergitas TNI - AD dengan Pemda Kabupaten Membramo Tengah khususnya Dinas Kesehatan melaksanakan kerjasama di bidang sanitasi kesehatan masyarakat yaitu dengan pembuatan jamban di tiga desa sulit dijangkau yaitu Desa Woigelebur, Desa Eragayam dan Desa Winam sebanyak 30 jamban masing -  masing desa 10 Jamban.
Dalam kesempatan tersebut Danpos Ramil Eragayam Letda Inf Nono Darsono yang juga Pasandi Kodim 1610/Klungkung Bali mengatakan kemitraan seperti ini sangat diharapkan sehingga pembangunan dapat berjalan secara bertahap bertingkat dan berlanjut.


Kepala puskesmas Distrik Eragayam Bapak Lera Gombo, S. KM selaku pengawas di lapangan di tiga desa tersebut mengucapkan terimakasih atas kesiapan anggota Pos Ramil Eragayam dalam membantu kesulitan rakyat di bidang sanitasi kesehatan masyarakat yaitu dengan pembuatan jamban di wilayah sulit dijangkau.
dalam pelaksanaannya pembuatan jamban di tiga desa tersebut diselesaikan dalam waktu tiga bulan.

"Sarana tranportasi dan infrastruktur di wilayah ini belum memadai
jarak antara Wamena pendistribusian bahan - bahan pembangunan ke wilayah Distrik Eragayam sangat sulit ditempuh sehingga memerlukan waktu perjalanan 6 jam dengan kondisi medan yang terjal," ujarnya.

Tehnik dan taktis dalam pembuatan jamban oleh Anggota Pos Ramil Eragayam dipimpin oleh Peltu Deni Rismawan  dengan tim sebanyak 12 orang dan Tim  pengamanan 10 Orang. Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai harapan dinas kesehatan.


"Dari seluruh pembangunan jamban se Papua untuk pembangunan jamban di Distrik Eragayam adalah terbaik," Kepala Dinas Kesehatan saat berkunjung ke Distrik Eragayam ketika melakukan pengecekan hasil pekerjaan jambanisasi.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Membramo Tengah memyampaikan ucapan terima kasih pada Anggota Pos Ramil Eragayam mewakili Bupati Kabupaten Membramo Tengah Bapak Ricky Ham Pagawak.
(Informasi disampaikan oleh Bahub Pos Ramil Eragayam Peltu samsul Khamar  selaku kapoktuud Minvet IX/13 Mataram melalui rilis tertulisnya dari Distrik Eragayam).

×
Berita Terbaru Update