Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perjuangan Prajurit Kodam IX/Udayana Upayakan Air Bersih Untuk Suku Lani di Pedalaman Papua

Jumat, 12 November 2021 | 10:40 PM WIB Last Updated 2021-11-12T14:40:38Z

 



Papua, koranlensapos.com - Air merupakan kebutuhan hidup yang sangat penting. 
Di tengah kesusahan serta  keterbatasan sarana dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan dan dengan keterbatasan yang dimiliki masyarakat di pegunungan tengah papua tepatnya di Distrik Eragayam air merupakan barang yang sangat sulit untuk diperoleh. Walaupun suhu dingin sekisar 12 derajat setiap harinya, air bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan.
keberadaan air mengalir berada di lembah -  lembah sehingga untuk mendapatkanya memerlukan perjalanan jauh dari honai.


Anggota Pos Ramil Eragayam saat  melaksanakan anjangsana ( KOMSOS) ke honai kepala suku lani, bapak  Karanggi Karoba menceritakan betapa sulitnya memperoleh air bersih, apalagi pada saat musim kemarau. Pada saat hujan masih terbantu dengan menadah air hujan. Akan tetapi pada musim kemarau, mereka harus turun gunung mencari sumber mata air di lembah-lembah. Mendengar keluhan Kepala suku Lani tersebut, Danpos Ramil Eragayam Letda Inf Nono Darsono beserta anggota berinisiatif mencari solusi untuk membelikan selang. Maka dilakukanlah penggalangan dana melalui iuran seikhlasnya dari anggota Posramil Eragayam dan juga diperoleh dana dari sumbangan Sahabat Group  KANGEN DESA - JELAJAH KAMPUNG (KDJK) pada platform Facebook, dari sahabat KDJK  yang telah menyisihkan sebagian rejekinya akhirnya dapat terkumpul dana untuk mengatasi kesulitan  masyarakat Suku Lani di pedalaman pegunungan tengah Papua ini.
 

"Alhamdulilah selang sepanjang 400 meter dapat menyalurkan air ke Kampung suku Lani di pedalaman pegunungan tengah Papua ini, yang diambil dari sumber mata air yang dibuatkan  bendungan di atas bukit sebelah perkampungan suku Lani tersebut," ungkap Dan Pos Ramil, Letda Inf Nono Darsono


Pengerjaan penyaluran air tersebut dilakukan oleh Anggota Pos Ramil Eragayam yang dipimpin oleh Peltu Syamsul Kamar.
TNI hadir untuk memelopori usaha -usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat sekitar.
(Disampaikan oleh Bahub Pos Ramil Eragayam Peltu Syamsul Kamar  selaku kapoktuud Minvet IX/13 Mataram melalui rilis tertulisnya dari Distrik Eragayam Pegunungan Tengah Papua).


×
Berita Terbaru Update