Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kebakaran Hutan di TNT Tahun 2021 Ini Lebih Dari 2 Ribu Hektar

Jumat, 05 November 2021 | 10:54 AM WIB Last Updated 2021-11-05T02:54:49Z

 

   Kepala Balai TNT, Yunaidi, S. Si., M. Ap


Dompu, koranlensapos.com - Kasus kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Tambora (TNT) pada tahun 2021 ini mencapai 2 (dua) ribu hektar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai TNT, Yunaidi, S. Si., M. Ap beberapa hari lalu di ruang kerjanya.

"Lebih dari 2 ribu hektar kawasan kita terbakar tahun ini," ungkapnya.

Yunaidi menyebut lokasi yang terbakar terutama di kawasan Piong sampai ke Pos 5, sekitar Sanggar Agro, sekitar Oi Katupa serta di wilayah Doroncanga sampai Pos 3. 

Dikatakannya kasus kebakaran hutan ini terjadi di musim kemarau antara bulan April hingga Oktober 2021.

"Kebakaran itu kejadian berulang setiap tahun karena kawasan kita hampir 70% savana. Musim kemarau yang panjang sangat berpotensi untuk terjadinya kebakaran," jelasnya.

Pejabat yang sebelumnya berdinas di Taman Nasional di Sumatera Barat dan baru setahun bertugas di TNT ini mengemukakan bahwa kebakaran hutan diduga kuat sengaja dibakar oleh oknum pemburu rusa untuk memudahkan dalam  melakukan aksi perburuannya. Rusa adalah salah satu target buruan masyarakat di sekitar kawasan.

"Setelah rumput atau ilalang kering itu dibakar akan tumbuh rumput baru. Rusa akan mendatangi tempat itu untuk memakan rumput," tuturnya.

Terkait persoalan di atas, Yunaidi menjelaskan bahwa salah satu program prioritas Balai TNT saat ini adalah pencegahan terhadap kasus kebakaran hutan ini. Salah satu upaya yang dilakukan antara lain dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan kelompok Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (emo).






×
Berita Terbaru Update