Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DPD LDII Gelar Vaksinasi Kerjasama Dengan PKM Dobar

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 8:19 AM WIB Last Updated 2021-10-16T00:22:57Z

 

     Kegiatan vaksinasi Covid -19 yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Dompu Barat kerjasama dengan DPD LDII Kab. Dompu, Jumat (15/10/2021)


Dompu, koranlensapost.com -  Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Dompu bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Dompu Barat menggelar kegiatan vaksinasi Covid -19. Vaksinasi tersebut digelar di halaman Masjid Baitur Ridwan Lingkungan Ginte Kecamatan Woja Kabupaten Dompu pada hari Jumat (15/10/2021) mulai pukul 13.30 Wita sampai dengan pukul 16.30 Wita.


Hadir pada kegiatan dimaksud Camat Woja Suherman, S. Pd, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. Muhammad Yamin, Kapolsek Woja yang diwakili oleh Kanit Binmas AIPDA M. Yamin, Bhabinkamtibmas BRIPKA Abdul Gafur, Babinsa Kandai Dua SERTU Agus Salim. Terlihat hadir pula Kanit Intelkam Polsek Woja AIPTU Sumoharto memantau pelaksanaan kegiatan dimaksud. 



Adapun peserta yang terdaftar sebanyak 69 orang terdiri dari 36 pria dan 27 wanita. Sedangkan yang masih menunda sebanyak 7 orang.

Dari 69 orang tersebut, yang melaksanakan vaksin tahap 1 sebanyak 51 orang dan tahap 2 sebanyak 18 orang. Sedangkan jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac untuk 20 orang dan Astra Zeneka 49 orang.


Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu H. Suaidin, S. Ag mengemukakan bahwa kegiatan vaksinasi Covid -19 ini digelar dalam rangka mendukung program pemerintah untuk tercapainya herd community (kekebalan kelompok) minimal 70 % dari target jumlah penduduk yang dapat divaksin.

Disebutnya kegiatan tersebut untuk menyasar anggota DPD LDII Kabupaten Dompu yang belum sempat melaksanakan vaksinasi tahap pertama maupun tahap kedua. 
"Sebagian besar sudah melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan di desa-desa dan kelurahan, di sekolah-sekolah bahkan ada yang langsung mendatangi Puskesmas. Ada juga yang telah melaksanakan dua tahap seperti PAC Nowa beberapa waktu lalu. Kegiatan hari ini dimaksudkan agar anggota DPD LDII Kabupaten Dompu yang belum sempat divaksin bisa langsung datang vaksin," ucapnya.


Suaidin mengatakan pihaknya dalam setiap kegiatan pengajian di berbagai tingkatan dan tempat selalu menyampaikan arahan dan pembinaan agar senantiasa mengikuti program pemerintah. Salah satunya adalah menyukseskan program pemerintah untuk vaksinasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid -19.


Ketika ditanya mengenai jenis vaksin, Suaidin menegaskan apapun jenisnya asalkan sudah diteliti oleh pemerintah mengenai keamanan dan kesehatannya serta telah dikeluarkan fatwa oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai kehalalan dan kebolehannya, maka LDII juga tetap mendukungnya.

"Sepanjang sudah diperbolehkan oleh pemerintah dan sudah ada fatwa MUI, apapun jenis dan nama vaksin itu kami tetap menerimanya," ujarnya.


Di sela-sela kegiatan, Hj. Asiyah, S. Keb dari Puskesmas Dompu Barat memberikan penjelasan kepada para peserta mengenai manfaat dari vaksinasi yakni demi kesehatan masing-masing anggota masyarakat dan demi kesehatan bersama agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid -19.

Dikatakannya vaksinasi dimaksudkan untuk memberikan kekebalan bagi tubuh di dalam menghadapi serangan virus Corona. 
"Setelah vaksin pertama ini, nanti 28 hari lagi untuk vaksin kedua," jelasnya.

Ia menerangkan pula bahwa reaksi suntikan vaksin bisa bermacam-macam.
"Ada yang ngantuk, ada yang lapar, ada yang pegal-pegal, ada yang demam. Saya kemarin panas dua hari," tuturnya.

Ia mengemukakan bagi masyarakat yang mengalami reaksi setelah suntikan vaksin, maka bisa dikonsultasikan kepada Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat.

"Bisa kontak langsung ke kami. Kami siap melayani bapak dan ibu kalau ada keluhan. Malam-malam juga tidak apa-apa. Kami melayani 24 jam," ujarnya. 

Kegiatan vaksinasi tersebut berlangsung dengan aman dan lancar. Beberapa anggota Senkom Mitra Polri terlibat dalam membantu terselenggaranya kegiatan tersebut. (emo).







×
Berita Terbaru Update