Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mantap, Capaian Vaksin Covid -19 di Desa Bara Hampir 70 Persen

Senin, 27 September 2021 | 12:24 PM WIB Last Updated 2021-09-27T04:48:50Z

 

      Kapolsek Woja IPDA Abdul Haris berkoordinasi dengan Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat terkait capaian program vaksinasi

Dompu, koranlensapost.com - Target vaksinasi Covid -19 di Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB untuk mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok) hampir mencapai 70 %.

Demikian disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat Mujakir, S. KM.

"Alhamdulillah pencapaian target vaksinasi di Desa Bara lebih kurang hampir 70 persen," ungkap Mujakir mengapresiasi.

Ia mengatakan target tersebut tercapai berkat adanya kesadaran masyarakat yang telah memahami manfaat dari vaksin itu sendiri. Terbangunnya kesadaran masyarakat tidak bisa dilepaskan dari kerja keras 4 (empat) pilar yang ada di tingkat kecamatan (Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskemas beserta jajaran masing-masing) hingga di tingkat desa (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tenaga kesehatan) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Alhamdulillah antusias masyarakat untuk datang vaksin terus meningkat," ucapnya.


Kapolsek Woja IPDA Abdul Haris juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen yang ada di Kecamatan Woja dalam upaya mewujudkan herd immunity dari bahaya virus Corona ini. 

"Tim gugus yang ada di kecamatan selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan 4 Pilar yang ada di desa-desa dalam memberikan edukasi, pemahaman dan pengertian kepada masyarakat agar masyarakat sadar bahwa vaksin ini untuk kekebalan tubuhnya sendiri dan untuk kita semua," ucapnya.

Kapolsek menegaskan edukasi yang dilakukan kepada masyarakat secara humanis dan persuasif tanpa kenal lelah sehingga tumbuh kesadaran masyarakat dalam melakukan vaksinasi tanpa adanya tekanan atau paksaan.

"Kita berikan edukasi secara humanis persuasif dengan menyentuh hati dan logika masyarakat," jelasnya.

Kapolsek mengemukakan pencapaian target herd immunity 70 % akan terus digenjot dengan target per desa.

"Kita targetkan per desa dulu untuk pencapaian target herd immunity. Saat ini kita targetkan Desa Bara dulu untuk bisa mencapai 70 persen itu baru kemudian di desa-desa lainnya," ujar Haris.



Terkait kesadaran warga di Desa Bara dalam melaksanakan vaksin juga dibenarkan oleh Bhabinkamtibmas AIPDA Supriyadin yang sempat dikonfirmasi media ini saat  mengantarkan warga untuk divaksin di Puskesmas Dompu Barat, Senin pagi (27/09/2021).
Ia mengatakan 4 Pilar di Desa Bara terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat vaksinasi kepada masyarakat. 


"Kita setiap hari turun ke dusun-dusun kita panggil Kepala Dusun dan Ketua RT lalu kita bersosialisasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kegunaan vaksin ini untuk masyarakat banyak," tuturnya.
Bhabinkamtibmas AIPDA Supriyadin antar jemput warga yang melaksanakan vaksin

Ia mengatakan sosialisasi kepada masyarakat bukan hanya sekali atau dua kali melainkan berkali-kali. Setelah masyarakat memahami manfaat dari vaksin dan risikonya bila tidak melakukan vaksin, baru kemudian diberikan pelayanan vaksin kepada masyarakat di kantor desa. Pelayanan vaksin di kantor Desa Bara juga dilakukan berkali-kali.
Untuk memudahkan masyarakat melakukan vaksin, bagi yang lokasinya agak jauh juga dilakukan antar jemput.


"Kami antar jemput masyarakat agar bisa datang vaksin," ucapnya.

Bukan hanya itu, apabila tidak ada pelayanan di kantor desa, masyarakat yang akan divaksin diantar pula ke Puskesmas Dompu Barat.

Mengenai hal ini juga diapresiasi oleh Kasi Perintahan, Abubakar. Ia mengatakan masyarakat Desa Bara sangat antusias melaksanakan program vaksinasi. (emo).







×
Berita Terbaru Update