Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pantai Ngampa, Suguhkan Ragam Pesona Alami

Rabu, 21 Juli 2021 | 4:24 PM WIB Last Updated 2021-07-21T08:24:52Z
         Panorama alam Pantai Ngampa di sore hari. Nampak anak-anak muda duduk santai sembari menikmati pesona natural di lokasi tersebut


Dompu, koranlensapost.com - Pantai Ngampa adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di kawasan Teluk Cempi. Letaknya di Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu NTB.
Namanya memang belum semasyhur Pantai Lakey di Desa Hu'u yang berada sekitar beberapa kilometer ke arah selatan tempat para wisatawan mancanegara berselancar maupun Pantai Felojanga dan Wadu Jao di Desa Jambu Kecamatan Pajo di sebelah utara yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi tersebut. Tetapi ragam pesona alami yang dimiliki Pantai Ngampa tidak kalah cantiknya. Tidak heran bila saban hari kian diminati pengunjung untuk menikmati keindahan original yang sungguh memesona ciptaan Sang Khaliq di pantai tersebut.

Apa saja sih pesona natural yang ada di pantai tersebut ?




Pasir putih yang memanjang di garis pantai sekitar 5 (lima) kilometer menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Jenisnya beragam pula mulai dari yang kasar, agak kasar sampai yang halus dan lembut sekali.
Berjalan di atas pasir putih nan bersih ini menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pengunjung sembari berolahraga. Apalagi di masa pandemi Covid -19 ini bisa sekaligus berjemur bila di siang hari.



Deburan ombak di pantai itu juga menjadi pemandangan yang sangat mengasyikkan. Indah memesona. Gulungan ombak beragam bentuknya disertai suara gemuruh akibat hembusan angin laut sungguh membuat mata terbelalak sembari bertasbih mengagumi keindahan alam ciptaan Allah SWT. Tiba di pasir putih, gulungan ombak itu melesat dengan kecepatan tinggi hingga jauh ke tepian pantai. Namun di beberapa titik menimbulkan deburan terpental ke atas setinggi sekitar 2 sampai 3 meter bak butiran-butiran permata kemilau seputih salju akibat beradu dengan bongkahan-bongkahan batu karang.

'Permainan' ombak di pantai ini memang tidak sedahsyat Lakey, tetapi panorama keelokan yang disuguhkan sungguh mengasyikkan. Tidak heran bila para pengunjung berfoto bersama atau ber-swafoto (selfie) di tempat ini dengan backround deburan ombak nan eksotik dan unik ini.

Air laut yang jernih dan bersih juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari pesona kemolekan alamiah tanpa polesan di kawasan Pantai Ngampa ini. Di beberapa lokasi air laut yang biru sebiru langit itu begitu tenang. Di lokasi ini pengunjung dapat melepas kepenatan dengan mandi air laut.


Kemajuan teknologi digital saat ini membuat kaum muda senang mengabadikan moment-moment penting kebersamaan bersama keluarga maupun teman. Tempat-tempat wisata alam nan eksotik menjadi tempat yang paling digandrungi untuk dikunjungi sebagai bentuk kebersamaan. Beberapa pekan belakangan ini, anak-anak muda laki-laki maupun perempuan berdatangan ke Pantai Ngampa di Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu tersebut. Saat Sunset (matahari terbenam) adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para remaja ini untuk mengambil foto..

"Sore hari sekitar jam 5 (17.00 Wita) anak-anak muda mulai berdatangan di sini. Ada yang berasal dari sekitar sini (Kecamatan Hu'u), dari Kota Dompu bahkan dari Bima juga," kata tokoh muda asal Desa Cempi Jaya Indra Wahyudin saat ditemui media ini di salah satu berugak di Pantai Ngampa pada Ahad sore (19/7/2021) sekitar pukul 16.00 Wita.
Indra menambahkan pula bahwa pada malam Minggu para pengunjung ramai berdatangan di lokasi tersebut untuk menikmati persahabatan dengan alam Pantai Ngampa pada malam hari.
             Abdullah dan Indra Wahyudin 

"Mereka datang bangun tenda berkemah di sini. Ramai sekali pengunjung kalau malam minggu," ungkap Indra.

Indra yang merupakan pemilik cafe pertama di Pantai Ngampa itu mengaku mendapatkan keuntungan dari kehadiran pengunjung. Di cafe itu ia menyediakan aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau bagi para pengunjung. Ia juga menyiapkan pula meja, kursi dan bangku-bangku panjang untuk para pengunjung yang memesan makanan dan minuman di cafe-nya. Untuk membantunya, ia kini merekrut 8 (delapan) orang karyawan.

"Saya bersama istri kewalahan sehingga merekrut tenaga kerja 8 orang," akunya.

Rekan Indra, Abdullah, SH., MH menuturkan Pantai Ngampa sebenarnya sudah lama diketahui publik sebagai salah satu destinasi wisata yang eksotik di Kecamatan Hu'u. Namun baru beberapa bulan belakangan ini diminati para pengunjung dan mulai ditata sedikit demi sedikit. Ia mengaku yang memiliki andil besar untuk pengembangan wisata di Pantai Ngampa adalah Ir. Muttakun (Anggota DPRD Kabupaten Dompu utusan Partai NasDem Dapil I sekaligus Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu).

"Harus kita akui pak Muttakun yang 'memprovokasi' pengembangan wisata di Pantai Ngampa ini. Ini berugak tempat kita duduk ini beliau yang menyiapkan ada delapan jumlahnya," kata Advokat muda tersebut sembari menunjuk di beberapa lokasi.

Abdullah mengatakan pengembangan pariwisata berbanding lurus dengan peningkatan roda perekonomian plus persoalan ketenagakerjaan. Termasuk pula bagi masyarakat yang berada di sekitar Pantai Ngampa.

"Yang paling besar manfaatnya adalah roda perekonomian meningkat. Di sekitar sini orang bisa membuka usaha. Sekarang ada lima lapak baru yang sedang dibangun," ujarnya.

Ia juga mengaku senang dengan adanya pengembangan wisata Pantai Ngampa. Dari sektor tenaga kerja, aktivitas pariwisata dapat mengatasi pengangguran. Ada yang mengelola tempat parkir. Ada pula yang direkrut menjadi karyawan di cafe-cafe yang akan dibangun di lokasi tersebut.

"Di sini saja (cafe milik Indra Wahyudin,red) ada delapan orang tenaga kerja yang direkrut. Itu bukan sedikit," tuturnya.

Diakuinya memang fasilitas-fasilitas penunjang di Pantai Ngampa belum tersedia. Tetapi geliat masyarakat setempat untuk turut berkontribusi mengembangkan pariwisata lokal ini sudah terlihat nyata. Apalagi upaya ini akan berdampak langsung pada peningkatan roda perekonomian. Pemerintah desa setempat juga turut memberikan dukungan untuk pengembangan wisata ini. Karena itu ia berharap uluran tangan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu maupun Pemerintah Provinsi NTB untuk membantu menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang itu. Di antaranya pelayanan air bersih (air tawar), toilet maupun tempat-tempat pembuangan sampah. Menurutnya bila fasilitas-fasilitas penunjang itu telah tersedia, tidak menutup kemungkinan Pantai Ngampa ke depan akan menjadi daerah tujuan wisata para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara selain Lakey dan Wadu Jao.

Untuk menuju Pantai Ngampa tidaklah sulit. Dari Kota Dompu sekitar 35 kilometer ke arah selatan. Tiba di Desa Cempi Jaya menuju ke arah barat daya memasuki lokasi bekas bangunan perusahaan udang PT. Seira (Senada Indah Raya). Para era 90-an sampai 2000-an, perusahaan udang kualitas ekspor itu sangat dikenal. Karyawannya mencapai seribuan orang. Di tempat inilah Pantai Ngampa itu berada. (emo).
      Dua anak setempat sedang memungut              sampah di Pantai Ngampa











×
Berita Terbaru Update