Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

FKUB Dompu Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Minggu, 11 Juli 2021 | 3:02 PM WIB Last Updated 2021-07-11T07:02:13Z


Dompu, koranlensapost.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu menggelar sosialisasi dan pembinaan kerukunan umat beragama.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Ahad (11/7/2021) itu dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu dengan tema "Menjalin Kerukunan Melalui Sinergitas dan Kebersamaan Umat". Mengingat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro, maka jumlah peserta dibatasi 20 orang saja yang terdiri dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.


Ketua Panitia Muhammad Alimuddin, S. Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) merupakan mitra pemerintah dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama. Baik kerukunan internal umat
beragama, antar umat beragama maupun antar umat beragama dengan
pemerintah. 
"Mengingat tugas ini sangat erat kaitannya dengan keberadaan umat
beragama maka dipandang perlu untuk menjadikan agama sebagai inspirasi dan bukan sebagai aspirasi. Agama menjadi alat untuk pemersatu bangsa dan bukan sebagai disintegrasi bangsa atau yang mengkotak-kotak bangsa," jelasnya.

Dikatakannya sebagai upaya dan langkah maju Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu dalam melaksanakan tugas dan kinerjanya adalah dengan
terus memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat tentang
penungnya kerukunan dan terjalinnya rasa damai dan tenteram di antara umat
pemeluk agama. Baik internal umat beragama, antara umat beragama dan atara umat beragama dengan pemerintah. Dalam hal ini tidak saja yang berkaitan dengan pentingnya informasi kerukunan melainkan juga tentang bagaimana antar umat beragama senantiasa menjalin komunikasi dan kerukunan sehingga
mampu menjadi bagian dari pilar pembangunan bangsa dalam bidang kegamaan.


Lebih lanjut dikatakannya FKUB Kabupaten Dompu juga memiliki peranan dan fungsi yang sangat stategis dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kerukunan dan harmonisasi dalam kehidupan beragama.
Di samping itu tugas FKUB adalah sebagai forum yang membantu pemerintah dalam menyampaikan dan menyelesaikan persoalan keagamaan yang berpotensi merusak tatanan kerukunan dan keagamaan. Untuk itu persoalan yang menyentuh rasa aman dan ketertiban umat beragama menjadi sebuah keniscayaan dalam tugasnya.

Dalam suasana terpaan pandemi Covid 19 yang kian meningkat ini, FKUB pun
merasa dituntut untuk menyampaiakn pesan pemerintah dalam upaya
memberikan rasa aman bagi umat pemeluk agama dalam menjalankan ibadah di tempat ibadah masing-masing. Yaitu menyampaikan kepada para pengurus tempat ibadah dan jamaah agar melaksanakan dan menggunakan sarana atau rumah ibadah sesuai protokol yang telah ditentukan. 

"Tentu saja dengan target utama agar penyebaran virus Corona dapat ditekan dan ditanggulangi," ujarnya.

Alimuddin menyebutkan kegiatan sosialisasi dan pembinaan kerukunan umat beragama dimaksudkan agar seluruh umat beragama memahami tentang pentingnya 
kerukunan dan kebersamaan umat dalam rangka pembangunan bidang
keagamaan.
Umat beragama merasa terlindungi dalam melaksanakan kepercayaan dan
ajaran agama yang dianut oleh masing-masing agama. Sedangkan tujuan kegiatan agar seluruh umat beragama dapat merasakan bahwa tidak ada claim tentang kemerdekaan mayoritas dan tirani minoritas. Seluruh umat beragama sama-sama mempunyai kedudukan dan hak yang sama di mata hukum dalam hidup
berbangsa dan bemegara.

Ketua FKUB Kabupaten Dompu Drs. Dahlan HAR dalam sambutannya mengemukakan bahwa kerukunan umat beragama adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan agar pembangunan di negeri ini dapat berjalan dengan baik untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau kehidupan umat beragama bermasalah, maka negeri kita tidak aman, kehidupan tidak nyaman," ucapnya.

Lebih lanjut ditegaskan Dahlan bahwa kerukunan bukan hanya antar umat beragama tetapi juga kerukunan terhadap lingkungan alam sekitar. 

"Mari kita jaga hutan-hutan dan gunung-gunung kita demi kehidupan kita dan anak cucu kita," ajaknya seraya menyampaikan program Bupati dan Wakil Bupati Dompu (AKJ-SYAH) untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT. 

Sedangkan narasumber adalah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs. H. Syahrir, M. Si, Ketua FKUB Drs. Dahlan HAR, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu diwakili Kabid Wawasan Kebangsaan Ir. Asyikin, Dandim 1614/Dompu diwakili Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. Muhammad Yamin. Hadir pula pada acara tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Dompu M. Abeto Harahap, SH., MH. (emo).





×
Berita Terbaru Update