Uji Coba, Ratusan Sapi Bima Dikirim Via Tol Darat

Kategori Berita

.

Uji Coba, Ratusan Sapi Bima Dikirim Via Tol Darat

Koran lensa pos
Selasa, 25 Mei 2021

 

Bima, Lensa Pos Online - Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer melepas secara resmi pengiriman sapi potong melalui tol darat tujuan Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya. Hal ini dilakukan sebagai alternatif, apabila tol laut terkendala cuaca dan sebagainya. 


Pengiriman 120 ekor sapi asal Kecamatan Bolo dan Kecamatan Madapangga menggunakan Fuso tronton tersebut, dilepas didepan KUD gudang Bulog, Senin (24/5/2021). 


Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer mengatakan perkembangan populasi ternak sapi di Kabupaten Bima per Desember 2020 sebanyak 213 873 ekor. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sapi potong secara nasional sekitar 10 persen. Sementara quota Kabupaten Bima sebanyak 12.000 ekor per tahun dan sisanya sebagai kebutuhan cadangan dalam daerah.


Meningkatnya permintaan sapi potong dari Kabupaten Bima, kata Wabup karena sapi Bima memiliki keunggulan,  yakni kualitas daging yang sangat disukai konsumen karena padat dan memiliki kadar lemak rendah. Selian itu sapi Bima mengkonsumsi rumput alam dan tidak diberikan pakan dari pabrik.


‘’Di NTB, Bima yang pertama kalinya mengirim lewat Darat. Sebelumnya dikirim melalui Tol laut. Karena kendala cuaca, Pemerintah mengalihkan pengiriman melalui darat,’’ujar Wabup Dahlan.


Wabup berharap, semoga pengiriman perdana ini lancar dan tidak menemui kendala. Wabup optimis, kedepannya para peternak akan terus mengembangkan ternak mereka, jika pengiriman ini berhasil dan lancar. (TIM)