Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Amazing Sedekah NTB Gelar Grand Final LTQ

Jumat, 30 April 2021 | 5:41 PM WIB Last Updated 2021-04-30T09:41:08Z

 


Bima, koranlensapost.com - Bertempat di Mesjid Al-Ikhlas Desa Mpili kecamatan Donggo Kabupaten Bima diselenggarakan acara Grand Final Lomba Tahfidzul Qur'an Bima-Dompu
Kegiatan itu digelar pada hari Kamis (29/4/2021 M) atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1442 H.

Acara yang diselenggarakan oleh Amazing Sedekah NTB tersebut bekerja sama dengan Komunitas Dompu Mengaji (KDM) dan Komunitas Remaja Melek Al-Qur'an (KURMA) Donggo. Kegiatan tersebut sebagai lanjutan dari rangkaian acara sebelumnya, yakni audisi secara online kemudian semi final yang diadakan pada Senin (26/4/2021) lalu.
Puncak acara Grand Final mengangkag tema "Mencetak Generasi Penghafal Al-Qur'an". 
Para tokoh  dan masyarakat setempat ikut hadir dalam memeriahkan acara lomba tahfidz tersebut.

Ustadz Sholeh Abdurrahman selaku Koordinator Amazing Sedekah NTB mengutip sebuah Hadits Rasulullah Saw yang terjemahannya : Sesungguhnya Allah mengangkat suatu kaum dengan al-Qur'an dan merendahkan suatu kaum dengan al-Qur'an.
"Untuk itu, acara lomba tahfidz ini bertujuan untuk menyebarkan dan membumikan al-Qur'an," jelasnya.

Adapun program Amazing Sedekah adalah sebagai media sedekah serta mendukung lahirnya para penghafal al-Qur'an. 
"Alhamdulillah sampai saat ini Amazing Sedekah telah menyebarkan sebanyak 2.600 exemplar Al-Qur'an dan lebih dari 600 exemplar Iqro' di berbagai daerah di wilayah Kabupaten Bima dan Dompu untuk dua tahap," sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Lomba Tafidzul Qur'an ini adalah salah satu cara untuk membumikan dan menebarkan al-Qur'an. 
"Harapannya dengan acara ini, para peserta khususnya termotivasi dan meningkatkan hafalan Al-Qur'an-nya sehingga lahir generasi-generasi hebat penghafal al-Qur'an," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Nety Kusmiati dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba ini merupakan lomba pertama  dan terbesar yang diselenggarakan di Kecamatan Donggo. Karena peserta yang mendaftar terdiri dari beberapa kecamatan yang ada di Bima dan Dompu. 
"Peserta yang mendaftar saat audisi online berjumlah  70 orang kemudian disaring menjadi 14 orang, 7 orang untuk tingkat SD/MI dan 7 SMP/MTs," papar Nety.
Ia menyambung dari 14 orang yang lanjut ke babak Semi Final kemudian akan disaring menjadi 10 orang. Hingga akhirnya nanti diambil kriteria juara I, II, III. 
"Semoga acara ini bukanlah yang pertama dan terakhir," ucapnya.


Acara Grand Final Tahfidz Qur'an dibagi dua tahapan yakni untuk tingkat SD/MI tahap pertama dan tingkat SMP/MTs tahap kedua. 

Penyelenggara acara LTQ yakni Amazing Sedekah Foundation telah menyediakan total uang pembinaan Rp 3.700.000 dengan besaran berjenjang. Selain itu, juga telah disiapkan piala, piagam penghargaan dan bingkisan bagi yang mendapat juara.

Dalam rangka memeriahkan acara tersebut, panitia mempersembahkan sebuah dongeng "Bumi Saruhu atau Penguasa Hutan" oleh ustadz Faisal  Mawa'a Taho selaku Founder Komunitas Gemar Sejarah (KGS) Bima.

Acara Tahfidzul Qur'an ini juga dirangkaikan dengan pemberian santunan dari team Amazing Sedekah NTB untuk anak 100 paket untuk yatim piatu dan dhuafa yang ada di desa Mpili dan sekitarnya. Juga acara buka puasa bersama anak yatim, kaum dhuafa dan masyarakat sekitar. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update