Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rombongan Pemuda Indonesis Menyapa Kunjungi Destinasi Wisata Kandai Satu

Sabtu, 20 Maret 2021 | 2:24 AM WIB Last Updated 2021-03-19T18:26:20Z




Dompu, koranlensapost.com - Rombongan Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) melakukan kunjungan ke Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB pada Jumat siang (19/3/2021) pukul 11.30 Wita.
Kehadiran para mahasiswa tersebut di wilayah tersebut adalah rangkaian dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian sosial  ke Kabupaten Dompu dan Bima dalam Program Menyapa Nusantara (PMN).


Kedatangan rombongan mahasiswa tersebut disambut dengan gembira oleh Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S. Sos beserta Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat di Kantor Kelurahan.

Rombongan kemudian mengikuti Sholat Jumat di Masjid Al Aziz Dorompana dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Bukit Sultan Syamsuddin dan Situs Klasik Dorobata yang ada di kelurahan tersebut.

  
Ketua Panitia Program Menyapa Nusantara untuk Dompu dan Bima, Muhammad Alfin Jauhari mengatakan kehadiran merrka ke Kelurahan Kandai Satu adalah untuk mengenal budaya yang ada di Kabupaten Dompu secara umum yang dikemas dalam kegiatan Program Menyapa Nusantara (PMN). Dikatakannya melalui kegiatan kunjungan ini akan memberikan dampak positif bagi para pemuda Indonesia yang tergabung dalam Pemuda Indonesia Menyapa (PENA) agar semakin memperkokoh semangat kebersamaan dan cinta tanah air dan turut mengambil peran dalam melestarikan nilai-nilai budaya bangsa serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).




"Kedatangan kami di situs budaya ini untuk menggali budaya yang ada di Indonesia pada umumnya dan untuk menambah wawasan sebagai pemuda-pemudi Indonesia bahwa Indonesia memiliki beragam budaya dan keindahan alam yang luar biasa,"  jelas mahasiswa asal Solo Jawa Tengah tersebut.

Amal, asal.Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang menjadi.salah satu anggota rombongan Sahabat PENA.tersebut mengemukakan bahwa 3 destinasi wisata di Kelurahan Kandai Satu yakni Bukit Sultan Syamsuddin, Situs Doro Bata dan Doro Wadu Na'e (DWN) sudah cukup viral di mana-mana. Hal.itulah yang mendorong ia bersama rekan-rekannya untuk berkunjung ketiga lokasi dimaksud.

"Oleh karena viralnya tersebut maka saya mengajak teman-teman untuk datang berkunjung ke Kandai Satu ini," ungkapnya.


Sebenarnya rombongan Sahabat Pena hendak mengunjungi semua tiga destinasi di atas, namun karena dibatasi waktu sehingga rombongan hanya bisa ke Bukit Sultan dan Situs Doro Bata, tidak sempat ke DWN. 
Sementara itu, Lurah Kandai.Satu, Dedy Arsyik, S. Sos menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran rombongan Sahabat Pena mengunjungi destinasu wisata budaya di Kandai Satu.

"Mewakili masyarakat Kandai Satu kami menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas kunjungan anak-anak semuanya," ucapnya.

Founder Pemuda Indonesia Menyapa Muhammad Alfin Jauhari menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat, sebelumnya rombongan yang berjumlah 20 orang itu berada di Desa Nangatumpu Kecamatan Manggelewa selama 4 (empat) hari. Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan di desa tersebut. Di antaranya adalah mengajar di MI dan MTs Al Mu'alafah serta di SD 04 Manggelewa. 

"Pada sore hari kami berbagi pengalaman dan melakukan permainan tradisional dengan anak-anak setempat," kata Alfin. 

Mereka juga melakukan kegiatan bersih pantai Nangatumpu dan penanaman pohon di sekitar pantai.

"Kita sangat bersyukur bisa menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi yang sangat luar biasa indah ini. Selain menikmati keindahan kita juga bisa berbagi pengalaman dan bertukar budaya dan bisa memberikan motivasi kepada anak-anak khususnya di Desa Nangatumpu," jelasnya.

PMN merupakan program pengabdian masyarakat, peduli pendidikan, dan pertukaran budaya yang diselenggarakan oleh Pemuda Indonesia Menyapa di berbagai daerah di Indonesia. Anggota PMN adalah pemuda-pemuda yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang telah diseleksi.
"Kami adalah berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang direkrut dan diseleksi untuk menjadi peserta Program Menyapa Nusantara ini," ungkap Alfin. 
Setelah mengakhiri kunjungannya di Kelurahan Kandai Satu, rombongan kemudian berangkat menuju Kabupaten dan Kota Bima.(AMIN).

×
Berita Terbaru Update