Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu Periode 2021-2026 Sukses

Rabu, 10 Maret 2021 | 10:28 PM WIB Last Updated 2021-03-10T14:28:12Z




Dompu, koranlensapost.com - Meski di bawah guyuran hujan deras, acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Dompu Periode 2021-2026 berlangsung dengan sukses.

Acara tersebut mengangkat tema "LDII Untuk Indonesia, LDII Untuk Nggahi Rawi Pahu".


Kegiatan yang dihelat di halaman Masjid Baitur Ridwan Ginte Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu mulai pukul 10.00 sampai dengan 11.30 Wita dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid -19. Di awal memasuki tempat acara, telah disiapkan hand sanitizer dan tempat mencuci tangan. Seluruh peserta dan tamu undangan diharuskan memakai masker standard yang telah disiapkan dan selanjutnya duduk dengan menjaga jarak.


Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir. Abdullah A. Karim, M. Si dan Sekretaris H. M. Ramdhani, ST., M. Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Dompu yang diwakili Kabil Politik Dalam Negeri (Poldagri) Nurdin HM. Saleh, S. Sos., MM, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs. H. Syahrir, M. Si, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu DR (HC) KH. Abdullah Arsyad, S. Ag, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu Drs. Dahlan HAR, Camat Woja Suherman, S. Pt serta Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu Periode 2021-2026 yang dilantik dengan jumlah sekitar 50 orang.


Kegiatan diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Ust. M. Saleh H. Idrus dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Selanjutnya pembacaan SK Kepengurusan DPD LDII Kabupaten Dompu oleh Sekretaris DPW LDII Prov. NTB H. M. Ramdhani, ST., M. Si.
Pelantikan dan  Pengukuhan ditandai dengan penyerahan Pataka Bendera LDII dari Ketua DPW LDII Provinsi NTB kepada Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu Periode 2021-2026 H. Suaidin, S. Ag.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Ketua DPD LDII Kab. Dompu H. Suaidin, S. Ag antara lain memaparkan sekilas tentang Lembaga Dakwah Islam Indonesia.

"Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau disingkat LDII merupakan Ormas Islam yang legal berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta UU Keormasan Nomor 8 tahun 1985," jelasnya.

Dikatatakannya LDII sebelumnya bernama Lembaga Karyawan Dakwah Islam (LEMKARI) yang berdiri tahun 1972. Tetapi karena ada kesamaan akronim dengan Lembaga Karate-do Indonesia yang juga disingkat LEMKARI, akhirnya pada Musyawarah Besar (MUBES) LEMKARI tahun 1990, atas arahan Jenderal (Purn) Rudini sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) waktu itu akhirnya diubah menjadi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) hingga saat ini.


Lebih lanjut H. Suaidin mengemukakan berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga LDII hasil Keputusan Musyawarah Nasional VII
Lembaga Dakwah Islam Indonesia 
Nomor: Kep-06/Munas VII LDII/III/2011 
Tentang Perubahan Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga 
Lembaga Dakwah Islam Indonesia 
Pasal 9 menyebutkan bahwa
Lembaga Dakwah Islam Indonesia berfungsi sebagai wadah berhimpun bagi kaum muslimin, muslimat, mubaligh, mubalighot, da’i dan da’iat dalam beramal sholih, melaksanakan ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdhoh (ibadah sosial) dalam rangka 
mengabdikan segenap kemampuan untuk kemaslahatan umat, kemajuan bangsa Indonesia khususnya, dan alam semesta pada umumnya.
Selanjutnya pada Pasal 10 dijelaskan
Lembaga Dakwah Islam Indonesia bertugas melaksanakan dakwah Islam dengan berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan segenap aspek pengamalan dan penghayatan beragama sehingga dapat memberikan hikmah dan dorongan untuk mewujudkan tujuan Organisasi.

Pedoman dakwah ini merujuk pada Firman Allah SWT dalam Al Qur'an. Di antaranya pada Surah Yusuf ayat 108,
Surah An Nahl ayat 125, serta Surah Ali Imron ayat 104.

Dikatakannya Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu periode 2021-2026 ini dilaksanakan agar roda organisasi bisa berjalan sesuai dengan harapan dalam berkontribusi membangun daerah.
Ia juga menegaskan bahwa LDII mendukung program Vaksinasi Covid -19 yang kini sedang gencar dilaksanaka dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid -19.


Ketua DPW LDII NTB dlm sambutannya menyampaikan bahwa Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu dengan tema "LDII Untuk Indonesia, LDII Untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu" merupakan pengejawantahan dari Program Hasil Munas VIII DPP LDII Periode 2016-2021 yang mengusung 8 Klaster Program yg diusulkan DPP LDII kepada Pemerintah Indonesia.

"Alhamdulillah ke 8 Peogram tersebut secara pilot project telah dilaksanakan oleh warga LDII di seluruh tanah air," ujarnya.

Adapun kedelapan klaster program dimaksud adalah Kebangsaan (mewujudkan SDM Profesional Religius Berwawasan Kebangsaan); Keagamaan yakni penguatan peranan di bidang keagamaan dan dakwah untuk menyiapkan SDM Profesional religius menuju Indonesia Maju); Ekonomi (peningkatan kapasitas SDM profesional religius untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju);
Pendidikan (pengembangan SDM profesional religius utk Indonesia Maju);
Pangan dan Lingkungan Hidup (ketersediaan pangan berkelanjutan dan penjagaan kelestarian fungsi lingkungan menuju Indonesia Maju); Kesehatan Herbal Alami; Teknologi Digital; dan Energi baru terbarukan.


Senentara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs. H. Syahrir, M. Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu yang telah dilantik dan dikukuhkan.

"Selamat berfaktivitas, selamat bekerja selamat berkarya. Selamat mendedikasikan diri untuk Kabupaten Dompu yang lebih baik.
Saya yakin dan percaya bahwa Pengurus yang telah dilantik akan mengedepankan semangat kebersamaan dan kekompakan karena itu adalah roh dan pondasi untuk kelancaran roda organisasi. Tanpa kebersamaan dan kekompakan, apapun program yang kita cetuskan tidak bisa terlaksana dengan baik," pesannya. 

Dikatakannya LDII adalah organisasi keagamaan yang senior yang sudah lama berdiri di kancah nasional yang juga sudah banyak berbuat untuk membangun bangsa Indonesia yang religius, maju dan sejahtera.

Kakan Kemenag mengaku tahun 2015 sudah menyaksikan langsung aktivitas pengkajian Al-Qur'an dan Al-Hadits di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri dan sudah mempelajari AD/ART nya. Ia menilai LDII adalah ormas keagamaan yang profesional dan sangat dekat dengan pemerintah.


Kepala Bakesbangpol Kab. Dompu yang diwakili Kabid Poldagri Nurdin, S. Sos, MM menjelaskan bahwa LDII adalah organisasi berjenjang yang kepengurusannya ada di tingkat pusat sampai ke daerah. Koordinasi kepengurusan LDII Kabupaten Dompu dgn Bakesbangpol cukup baik menunjukan kepengurusan lembaga ini solid dan patuh terhadap peraturan pemerintah. Nurdin mengatakan Ormas LDII sudah teregistrasi di Bakesbangpol Kabupaten Dompu.

Camat Woja Suherman, S. Pt menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pengurus DPD LDII Kab. Dompu periode 2021-2026 yang baru dilantik. Camat Woja melihat program LDII 8 klaster yang dipaparkan Ketua DPW selaras dengan Program Jara Pasaka menuju Dompu MASHUR (Mandiri Sejahtera Unggul Religius) yang menjadi visi misinya Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih Kader Jaelani - H. Syahrul Parsan, ST., MT.  (AKJ-SYAH).


Selanjutnya Camat Woja mengapresiasi pelaksanaan pelantikan kepengurusan DPD LDII Kabupaten Dompu sesuai dengan standard protokol kesehatan Covid -19.


Kegiatan diakhiri dengan doa Penutup oleh Ketum MUI Kabupaten Dompu DR (HC) KH. Abdullah Arsyad, S. Ag pukul 11.30 Wita. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update