Pimpin Apel Gelar Pasukan, Ini Amanat Kapolres Dompu

Kategori Berita

.

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Ini Amanat Kapolres Dompu

Koran lensa pos
Kamis, 31 Desember 2020


Dompu, koranlensapost.com - Bertempat di Lapangan Beringin Dompu, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 16.00 Wita berlangsung Apel Gelar Pasukan Pengamanan Libur panjang dan Tahun Baru 2021. 
Peserta apel terdiri dari Personel POLRI (termasuk Brimob), TNI, Sat.Pol.PP, BPBD, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S. IK dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan pengamanan libur panjang dan tahun baru 2021 baik dari aspek personil, sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Dikatakannya tahun baru umumnya dirayakan melalui kegiatan di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian yang sangat berpotensi dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol Covid-19.

"Oleh karena itu Polri menyelenggarakan pengamanan libur panjang dan Tahun Baru 2021 mengepankan kegiatan Preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional serta mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," tandas Kapolres Syarif.

Lebih lanjut Kapolres menegaskan kegiatan Apel Gelar Pasukan ini tidak boleh dianggap kegiatan rutin tahunan sehingga menjadikan kita cenderung Under Estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19.
Situasi seperti ini dapat menimbulkan kerawanan gangguan nyata, gangguan kamtibmas antara lain :
1. Aksi teror bom yang bisa terjadi di keramaian, proyek, objek vital dan tempat-tempat penting;
2. Permasalahan SARA;
3. Masalah kemacetan serta pelanggaran kecelakaan lalulintas;
4. Musim hujan mengantisipasi banjir dan longsor khususnya di wilayah Kabupaten Dompu

Pertimbangan penanganan Covid-19 yang belum terkendali dan masih berkembang yang mengundang kerumunan antara lain :
1. Perayaan Natal dan kegiatan keagamaan yang berada di luar tempat ibadah;
2. Pesta perayaan Malam Tahun Baru;
3. Arak-arakan, pawai dan karnaval; dan
4. Pesta perayaan Kembang Api.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut berakhir pada pukul 16.30 wita berjalan dengan aman dan lancar. Selanjutnya personil gabungan yang terlibat dalam pengamanan malam tahun baru melaksanakan kegiatan Patroli Show Of Force di wilayah Kabupaten Dompu.

Kegiatan itu dihadiri oleh
Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin, Dandim 1614 Dompu Letkol Ali Cahyono, S.Kom, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, S.H. S.I.K, Kepala BPBD Kab. Dompu Jufri, ST, M. Si, Waka Polres Dompu KOMPOL I Nyoman Adi Kurniawan, S.H, Kabag Sumda Polres Kompol Ibrahim, Kabag Ops Polres Dompu AKP I Komang Astrawan,  PJU Polres Dompu, Danki Brimob IPTU Sudirman, Personil TNI Kodim 1614 Dompu, Personil Polres Dompu, Personil BPBD, SatPol PP beserta Instansi terkait. (AMIN).