Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tesis Menjelang Debat Calon Bupati Dompu

Selasa, 03 November 2020 | 9:52 PM WIB Last Updated 2020-11-03T13:52:34Z

Oleh : Muhasir, M.Pd*

                     Muhasir, M. Pd


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu tengah siap menggelar debat terbuka untuk tiga pasangan calon bupati Dompu, yakni Hj. Eri Aryani Abubakar - H. Ihtiar, SH (nomor urut 1), Kader Jaelani - H. Syahrul Parsan, ST., (nomor urut 2), dan H. Syaifurrahman Salman - Ika Risky Veryani (nomor urut 3).

Persiapan debat ini kemungkinan sudah maksimal dan  sesuai dengan harapan yaitu tetap mengedepankan protokol kesehatan, aman, lancar dan tertib. Berbicara dalam hal mempromosikan sebuah program para Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu untuk masyarakat bumi Nggahi Rawi Pahu, termasuk saya, ini adalah salah satu program yang diharapkan oleh masyarakat banyak. Debat terbuka pertama yang diadakan oleh KPU Kabupaten Dompu di Gedung Samakai ini semoga bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, sehingga bisa mengetahui program-program yang ditawarkan oleh ketiga paslon di atas.
Hal ini sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui lebih rinci niat serta visi dan misi oara calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Dompu untuk 5 tahun ke depan. Debat adalah seni mengolah wawasan dalam ucapan. Jadi para kandidat harus tepat waktu dalam memberikan gagasan program yang direncanakan untuk membangun Dompu ke depan.

KPU Kabupaten Dompu telah mengusung tema : Reformasi Birokrasi, Pendidikan, Kesehatan dan Narkoba. yang jelas tema ini sudah dipublikasikan di media sosial dan media lainnya sehingga kemungkinan besar para paslon sudah mengetahui dan sudah merancang apa yang menjadi program dalam reformasi birokrasi, pendidikan, kesehatan dan narkoba ini. 
Mewakili harapan masyarakat Kabupaten Dompu kepada para kandidat semoga diberikan kesehatan, selalu fit serta harus fokus dalam membahas program-program sesuai dengan visi dan misinya, tidak ada tegang dan kaku pada saat menyampaikan visi dan misi. Debat ini adalah nilai jual para kandidat terhadap masyarakat luas yang ada di Kabupaten Dompu. Debat ini adalah sebuah kegiatan yang memberikan keyakinan bagi masyarakat Dompu, dalam hal mempromosikan program kerja yang pro rakyat dan memberikan kesejahteraan secara merata bagi rakyat Dompu.
Debat calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Dompu saya menilai acara ini banyak memberikan manfaat kepada masing-masing paslon terutama saat paslon menyampaikan visi misi kepada masyarakat luas. Manfaat lain masyarakat bisa tahu apa saja program kerja mereka untuk 5 tahun mendatang. Terlebih lagi, masyarakat bisa menilai ketika paslon menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari pembawa acara atau panelis.
Debat ini merupakan agenda resmi KPU Kabupaten Dompu, agar masyarakat Dompu jadi tahu, apa program kerja, visi misi paslon mana yang realita dan mana yang hanya janji-janji saja.
Semoga pelaksanaan debat besok hari Rabu tanggal 4 November tahun 2020 di Gedung Samakai Kabupaten Dompu akan menjadi debat pertama yang sangat berkesan bagi masyarakat Kabupaten Dompu. 
*Penulis adalah  Dosen STAI Al Amin Dompu.



×
Berita Terbaru Update