Marweli: JKN-KIS Penolong Sejati Untuk Masyarakat Yang Membutuhkan

Kategori Berita

.

Marweli: JKN-KIS Penolong Sejati Untuk Masyarakat Yang Membutuhkan

Koran lensa pos
Senin, 02 November 2020
Bima, LensapostNTB – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta. Mulai dari pengobatan ringan, rawat jalan, rawat inap maupun operasi asal sesuai indikasi medis akan dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS untuk pesertanya yang membutuhkan.

Merasakan sendiri bagaimana kehadiran Program JKN-KIS meringankan bebannya, Marweli (20) seorang ibu rumah tangga dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS saat  pengobatan sang anak yang didiagnosa dokter mengidap penyakit paru-paru basah setahun belakangan ini.

“Untuk masyarakat yang tinggal di kota terpencil seperti Kota Bima, Kelurahan Ntobo, Dusun Ndano Na’e ini, dengan kehadiran JKN-KIS sangat membantu meringakan beban kami para masyrakat kecil maupun keluarga kami. Kami sudah rasakan sendiri. Selama pengobatan, hanya bermodalkan Kartu JKN-KIS, semuanya dijamin. Kami pun lega, Kartu JKN-KIS ini sudah menjadi penolong yang selalu ada untuk masyarakat seperti kami yang membutuhkan,” ceritanya saat tim jamkesnews berkunjung ke rumahanya di kelurahan ntobo pada Rabu (18/03).

Ia mengaku sangat mendukung kehadiran Program JKN-KIS  dan ia pun menyatakan tak pernah mengalami kendala yang berarti terkait pelayanan, maupun fasilitas kesehatan. Pelayanan yang diberikan sama dengan pelayanan dengan pasien umum.

“Sekali lagi kita wajib bersyukur dengan hadirnya program ini. Asal sesuai alurnya semua pasti dijamin dan yang terpenting pelayanannya juga tidak dibeda-bedakan. Kami merasa sangat puas berobat dengan membawa kartu JKN-KIS ini, kita semua masyarakat Indonesia harusnya menyambut baik kehadiran program ini dan membantu keberlangsungannya untuk masa depan. Terima kasih BPJS Kesehatan, Program JKN-KIS ini sangat memberikan manfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Di sisi lain, Marweli mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung Program JKN-KIS dengan cara yang bisa dilakukan sebagai penduduk indonesia dengan ikut membantu program pemerintah ini agar terus berlangsung. Dukungan tersebut seperti mematuhi alur yang berlaku, rutin memastikan kepesertaannya selalu aktif dan tak lupa membayar iuran setiap bulannya. (Lp)