Narasumber Dialog Kebangsaan, Ini Paparan Kasrem 162/WB

Kategori Berita

.

Narasumber Dialog Kebangsaan, Ini Paparan Kasrem 162/WB

Koran lensa pos
Kamis, 08 Oktober 2020


Mataram, Lensa Pos NTB - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mataram menggelar kegiatan Dialog Kebangsaan Refleksi Hari Kesaktian Pancasila di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Rabu (7/10/2020).

Kegiatan yang bertema "Membumikan Nilai-nilai Dasar Pancasila Sebagai Pedoman Berbangsa dan Bernegara" itu diikuti oleh seluruh kader serta pengurus cabang PMII se-Kota Mataram dan bertindak sebagai narasumber Kasrem 162/WB, dilanjutkan Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH. MH., berikut Wakil Rektor 3 Universitas NU NTB Dr. Irfan Suriadiata, SH. MH.

Dalam paparannya, Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan menyampaikan tentang peran dan kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara dimana Pancasila menjadi dasar dan sumber hukum dalam penyelenggaraan negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya," terangnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup, sambung Kasrem, merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri kokoh, tidak terombang ambing oleh keadaan apapun termasuk dalam era globalisasi dewasa ini serta untuk mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa, selanjutnya Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi landasan berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sedangkan Pancasila sebagai tujuan hidup, memberikan pemahaman kepada manusia dalam bertingkah laku dan bertindak melalui etika moral dan etika sosial," sambungnya.

Selain itu, Kolonel Made Kariawan juga menerangkan tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari falsafah Pancasila meliputi nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

Demikian juga dengan Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH. MH., dan Wakil Rektor 3 Universitas NU NTB Dr. Irfan Suriadiata, SH. MH. menyampaikan tentang pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tiap-tiap Sila dari Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mengahadapi arus tranformasi global yang semakin komplek.

Sedang Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han, di sela-sela kegiatan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para kader PMII yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya bangga dengan adek-adek masih mau membahas Pancasila, ini sesuatu yang luar biasa,” tandasnya

Seluruh rangkaian kegiatan sampai dengan sesi tanya-jawab berjalan tertib dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.