Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemenparekraf Bersinergi Dengan Unizar Kembangkan Desa Wisata di NTB

Minggu, 12 Juli 2020 | 9:12 AM WIB Last Updated 2020-07-12T01:12:53Z
Bali, Lensa Pos NTB - Direktorat Pengembangan SDM dan Hubungan antar Lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (KEMENPAREKRAF) Republik Indonesia menggelar ‘Training of Trainers’ (ToT) bagi para dosen pendamping desa wisata. Training ini sendiri digelar dalam rangka kegiatan pengembangan desa wisata melalui pendampingan.

Traning ini diselenggarakan pada tanggal 9 sampai 11 juli 2020 di hotel Hilton Garden Inn Bali dan dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi wilayah NTT, NTB, dan BALI. Salah satunya, adalah Univ. Islam Al-Azhar yang berlokasi di jalan. Unizar No. 20, kecamatan sandubaya, Kota Mataram NTB.

Pada kegiatan training tersebut turut hadir memberi sambutan Direktur pengembangan SDM Pariwisata, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya dan beliau sekaligus membuka secara resmi acara yang sangat luar biasa tersebut, dalam sambutannya. " Training ini sendiri merupakan program dari pengembangan desa wisata melalui pendampingan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan desa wisata dan memberikan pemahaman bahwa pariwisata dapat menjadi alat peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pungkas Wisnu. Kamis (9/7/2020).

Dia melanjutkan bahwa pemerintah dalam hal ini KEMENPAREKRAF RI akan berperan sebagai motivator, dinamisator dan fasilitator. Sedangkan, akademisi dalam hal ini perguruan tinggi berperan sebagai konseptor dan pelaku pengabdian kepada masyarakat.

“Pelaku bisnis dan praktisi pariwisata berperan sebagai pelaku CSR serta komunitas atau masyarakat sebagai pengelola desa wisata yang diberdayakan  untuk mengembangkan desa wisata,” Ungkap dia.
Kami dari KEMENPAREKRAF RI juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk bapak dan ibu yang proposalnya lolos seleksi oleh tim KEMENPAREKRAF dan kami undang untuk hadir dalam kegiatan ToT ini, semoga dengan adanya ToT ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta skill bapak dan ibu sekalian tentang teknik dan cara mendampingi desa wisatanya masing-masing. Pungkasnya.

Universitas Islam Al-Azhar adalah salah satu kampus terbaik yang ada di NTB, yang sampai saat ini telah memiliki 8 Program studi dan masing-masing prodi telah terakreditasi Sangat baik dan baik, yang juga proposal pendampingan desa wisatanya di acc oleh KEMENPAREKRAF dan turut diundang untuk mengikuti training pendampingan tersebut. UNIZAR mengutus dua Orang dosen mudanya yang juga sebagai tim pendamping desa wisata yaitu M. Habibullah Aminy, SE., MEK., MH (fakultas ekonomi) dan Slamet Mardiyanto Rahayu, S.Si., M.Si (FMIPA). Unizar sendiri pada program pendampingan desa wisata dari KEMENPAREKRAF ini memilih dan menunjuk desa wisata mekar sari yang berlokasi di kecamatan narmada Kab. Lombok Barat NTB. Unizar di tahun 2019 lalu sudah mulai melakukan observasi awal ke desa mekar sari tersebut dan juga telah melakukan teken MoU sebagai tanda bahwa desa mekar sari sudah siap di dampingi oleh tim dari UNIZAR untuk mengembangkan dan memajukan desa wisatanya.

Dikesempatan yang sama, secara ekslusif 2 orang tim dosen dari UNIZAR sempat berdiskusi dengan bapak Direktur Jenderal, Dr. Wisnu di sela-sela waktu istrahat dan coffe break." Program ini sendiri, akan dilakukan selama tiga bulan setelah ToT selesai dilaksanakan.
“Bentuknya adalah pelatihan dan monitoring  perkembangan kompetensi masyarakat  untuk selanjutnya dievaluasi untuk menentukan  saran dan tindaklanjut berikutnya,” katanya.

Kemudian, kata dia, akan dilanjutkan dengan pelaporan dan seminar hasil pendampingan secara nasional dan sekaligus dilakukan pemilihan perguruan tinggi pendamping desa wisata terbaik dan akan mendapat apresiasi dari KEMENPAREKRAF. Saya berharap UNIZAR bisa memberikan yang terbaik untuk program pendampingan desa wisatanya sesuai dengan isi proposal yang sudah kami Acc. Tutupnya.

Penulis : MHA
×
Berita Terbaru Update