Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satgas BUMN Serahkan Bantuan APD Lengkap ke Pemda Dompu

Jumat, 24 April 2020 | 12:02 PM WIB Last Updated 2020-04-24T04:08:59Z
Satgas BUMN menyerahkan bantuan APD kepada Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, Jumat (24/4/2020) pukul 09.00 Wita

Dompu, Lensa Pos NTB - Satuan Tugas Bencana BUMN Wilayah Nusa Tenggara Barat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri bagi tim medis di Kabupaten Dompu.
Penyerahan bantuan dilakukan oleh Syarifuddin (Kakandatel Bima -Telkom Indonesia) selaku Pelaksana Harian Satgas BUMN Wilayah NTB kepada Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 di Kabupaten Dompu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Pemda Dompu Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu pada Jumat pagi (24/4/2020) pukul 09.00 Wita.
Hadir pula pada kesempatan tersebut perwakilan perusahaan BUMN yang tergabung dalam Satgas BUMN Provinsi NTB - Kabupaten Dompu, yakni Deputi Bisnis Pegadaian Area Pulau Sumbawa I Made Sriada, Marketing and Sales Plan Pegadaian Sepulau Sumbawa Rahmat Hidayat, Kaubis Bima 2 (Telkom Dompu) M. Naironul Haq.

Syarifuddin mengungkapkan penyerahan APD dilaksanakan di seluruh Indonesia atas perintah langsung Menteri BUMN dalam mengatasi wabah Covid -19. Ia berharap semoga APD tersebut bermanfaat bagi tenaga medis yang merupakan pejuang kemanusiaan di garda terdepan dalam penanganan Covid -19 di kabupaten bermotto "Nggahi Rawi Pahu" itu. 

"Penyerahan APD akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di NTB dan kami dahulukan di Kabupaten Dompu karena terjadinya peningkatan kasus positif Covid -19 di Dompu tentunya APD sangat dibutuhkan," ungkapnya.

Ia menyebutkan jenis APD yang diserahkan antara lain Hazmat Caverral 100 pcs, masker medis ply 80 box, sarung tangan karet 20 box, north safety goegle 25 pcs, dan sepatu boots 50 pasang.
"Nilainya sekitar 52 juta rupiah," ujarnya sembari berharap semoga pandemi Covid -19 ini segera berakhir.
Ditambahkannya bahwa bantuan APD ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja melainkan akan berkelanjutan sesuai dengan situasi dan kondisi pandemi Covid -19 ini.
Saat menerima secara simbolis bantuan APD itu, Bupati Bambang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian BUMN di dalam membantu mengatasi wabah corona.

"Bantuan ini sangat bermanfaat apalagi kita sudah ada penambahan 23 orang yang positif Covid -19 terutama bagi yang menjadi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang menangani pasien," ucapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa bantuan tersebut akan didistribusikan ke beberapa lokasi penanganan Covid -19 di Kabupaten Dompu.
Usai penyerahan secara simbolis kepada Bupati HBY dan penandatanganan berita acara, selanjutnya APD tersebut dibawa ke Posko Gugus Tugas Covid -19 di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu.
Kehadiran Satgas BUMN yang membawa bantuan APD diterima oleh Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Jufri, ST selaku Sekretaris Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Dompu.
"Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian BUMN yang telah memberikan bantuan yang sangat luar biasa ini," kata pejabat yang familiar disapa Bang Jef ini.
Ia mengatakan bantuan APD sangat bermanfaat terutama setelah terjadinya peningkatan kasus Covid -19 di Kabupaten Dompu.
"Dengan kehadiran bantuan-bantuan ini sebagai modal kami untuk melakukan proteksi terhadap tenaga kesehatan karena barang-barang ini langka," tuturnya.

Ditegaskannya pemerintah daerah bukan tidak memiliki anggaran untuk pengadaan APD sebanyak-banyaknya. Akan tetapi pemesanannya membutuhkan waktu antrean hingga sekitar 2 minggu lamanya.
"Sementara untuk penanganan kasus ini harus segera saat itu juga," paparnya.
Ia berharap semoga akan ada lagi bantuan APD karena mengingat trend kasus ini selalu mengalami kenaikan dan diperkirakan hingga Agustus 2020.

Sementara itu, relawan kemanusiaan, Ikhwayudin Ak yang juga mendampingi kegiatan penyerahan bantuan APD tersebut menyampaikan apresiasi kepada BUMN yang telah peduli dengan menyerahkan bantuan APD kepada Pemda Dompu.
"Ini sudah membantu negara, membantu bangsa dan membantu rakyat untuk bersama-sama menghadapi virus ini," urainya.
Selanjutnya ia menjelaskan bahwa wabah Covid -19 menjadi tanggung jawab seluruh komponen untuk mengatasinya. 
"Tidak boleh lagi bertanya apakah yang kena keluarga kita atau bukan tetapi tanggung jawab ini disematkan pada pundak kita secara bersama-sama," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap kepada masyarakat Dompu agar selalu mematuhi imbauan dan arahan pemerintah demi keselamatan bersama. Warga diharapkan selalu menjaga jarak dan tidak boleh lagi melakukan acara yang menjadikan berkumpul atau berkerumun. Apalagi setelah diumumkan oleh pemerintah ada penambahan 23 positif Covid -19 di Kabupaten Dompu tentunya akan berdampak secara luas. 
"Kuncinya adalah virus ini harus dilawan dengan kesadaran. Kesadaran mengikuti imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, kesadaran membatasi diri ke luar dari rumah sepanjang tidak ada kepentingan yang mendesak dan kesadaran memakai masker," harap mantan anggota DPRD Kabupaten Dompu ini.
Ia mengaku kian tumbuh kesadaran masyarakat Dompu untuk tidak berkerumun. Karena itu ia berharap masyarakat selalu mentaati imbauan dan arahan dari pemerintah demi keselamatan bersama. (AMIN).





×
Berita Terbaru Update