Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pasien Positif Covid -19 di Dompu Menjalani Rontgen di RSU Dompu

Kamis, 30 April 2020 | 5:33 PM WIB Last Updated 2020-04-30T09:33:49Z

Mobil ambulance yang mengangkut pasien Covid -19 dari RSP Manggelewa menuju RSU Dompu untuk dilakukan rontgen

Dompu, Lensa Pos NTB - Sebanyak 29 orang pasien positif Covid -19 Kabupaten Dompu yang kini sedang menjalani proses karantina di Rumah Sakit Pratama Manggelewa dilakukan rontgen guna mengetahui kondisi kesehatannya. Termasuk pula 2 orang yang menjalani isolasi di RSU Dompu yakni S alamat Desa Doropeti Kecamatan Pekat dan pasien nomor 190 atas nama APR alamat Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruangan Rontgen RSU Dompu pada Kamis (30/4/2020) mulai sekitar pukul 09.00 Wita.

Pantauan langsung media ini, para pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona itu dimuat menggunakan mobil ambulance secara bergiliran 7 orang sekali jalan. Setelah selesai proses rontgent terhadap 7 orang, segera dikembalikan ke RSP Manggelewa lalu mobil ambulance yang lain datang dengan membawa pasien 7 orang lagi.
Puluhan anggota kepolisian bersiaga di depan pintu gerbang RSU Dompu mengantisipasi masuk dan ke luarnya pengunjung di area tersebut serta mengatur arus lalin

Mulai dari depan pintu gerbang RSU Dompu dijaga dengan ketat oleh puluhan anggota kepolisian  Polres Dompu dari berbagai fungsi di bawah komando Kabag Ops AKP Nusra Nugrahan, SH., MH untuk mengantisipasi ke luar masuknya pengunjung di area tersebut.
Tim medis dengan APD lengkap

Terlihat juga dari jarak pandang sekitar 150 meter, beberapa orang tenaga medis berjalan di luar area pemeriksaan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.
Kepala TU RSUD Dompu bersama Ketua Tim Swaber Laboratorium RSU Dompu, Abdul Ghafur

Ketua Tim Swaber Laboratorium RSU Dompu, Abdul Gafur yang dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk menunjang diagnosa atas hasil pengobatan yang dilakukan terhadap pasien beberapa hari ini.

"Pemeriksaan di sini (RSU Dompu) adalah pemeriksaan radiologi dan pemeriksaan laboratorium," jelasnya.
Selanjutnya ia memohon doa bersama seluruh masyarakat Dompu agar seluruh pasien bisa sembuh.
Sekretaris/Kepala TU RSU Dompu mengatakan keseluruhan pasien positif Covid -19 dalam kondisi membaik dan tidak ada yang mengalami gejala kesehatan yang buruk.
"Kondisi 29 orang ini masih bagus," ujarnya singkat.
Maman, S. KM., M. Kes, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dompu

Ditemui terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu sekaligus sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, S. KM., M. Kes menyebutkan pelaksanaan rontgen dan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan karena mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan bagi pasien positif Covid -19.
"Memang protap (prosedur tetap)-nya memang seperti itu," jelasnya.

Ia menyebutkan besar harapan bagi para pasien positif Covid -19 ini sembuh karena dengan melihat keadaan pada umumnya tanpa gejala dan kondisinya kian membaik.
Dikatakannya setelah 5 hari dilakukan pengobatan, maka ke 31 pasien tersebut akan dilakukan test SWAB ulang lagi. Apabila hasil tes menunjukkan negatif, maka akan dilakukan lagi tes kedua. 
"Bila hasil tesnya negatif maka pasien dinyatakan sembuh dapat dipulangkan dan diharapkan melakukan isolasi (mandiri) lagi di rumah selama 14 hari lagi," imbuhnya.

Maman mengatakan selama proses karantina ini pasien Covid -19 di RSP Manggelewa mendapatkan pengobatan dari tenaga medis. Dalam proses perawatan ini, tim medis juga melihat penyakit-penyakit penyerta lainnya yang kemungkinan diidap oleh pasien karena di antara pasien ada juga beberapa orang yang telah berusia lanjut. Selain diberi pelayanan pengobatan dan perawatan medis, dalam kesehariannya para pasien
menjalankan ibadah sebagaimana biasa dan di pagi hari melakukan olahraga secara rutin sembari berjemur di bawah sinar matahari. (AMIN).





×
Berita Terbaru Update