Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tanam 30 Ribu Pohon di Parado, Dandim Bima Ajak Masyarakat Kembalikan Fungsi Hutan

Kamis, 05 Maret 2020 | 5:25 PM WIB Last Updated 2020-03-05T16:23:49Z
Bima, Lensa Pos NTB - Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamal, pagi tadi Kamis (5/2/2020) memimpin langsung kegiatan penghijauan yang melibatkan sedikitnya 200 personil TNI wilayah Teritorial Kodim 1608/ Bima.
Selain Anggota TNI, dalam penghijauan di Kecamatan Parado ini juga melibatkan masyarakat dan pelajar di Kecamatan Parado. Hadir pula Camat Parado,  Kapolsek Parado, Danramil Monta, KPH dan DLH Kabupaten Bima.
Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamal menjelaskan bahwa untuk tahap awal ini, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Bima, TNI bersama masyarakat melakukan penanaman Pohon Kemiri sebanyak 30.000 pohon.

Pohon kemiri tersebut, menurut Dandim akan ditanam diareal lahan produksi maupun lahan tutupan negara. Dipilihnya pohon kemiri, tambah Dandim, karena lahan yang ada di Parado khususnya sangat cocok dengan tanaman kemiri, yang menjadi sumber pendapatan masyarakat Parado selama ini. Pohon kemiri tersebut nantinya hanya boleh diambil bijinya, tanpa menebang pohon, jelas Dandim.

Untuk tahap awal penghijauan ini pihak TNI bersama masyarakat menanam 30.000 pohon di 5 Desa se Kecamatan Parado, yakni Desa Wane, Desa Rato, Desa Kanca, Desa Lere dan Desa Kuta. Penanaman ini bekerjasama dengan DLH, KPH, Polsek Parado dan Muspika Kecamatan Parado.

Dandim juga mengajak masyarakat Parado agar mengembalikan fungsi hutan yang selama ini telah dialih fungsikan. Jangan ada lagi menanam jagung diareal lahan tutupan negara, mari kita menanam pohon untuk keberlangsungan hidup kita dan anak cucu. Dandim mengapresiasi bahwa saat ini masyarakat Parado telah berkomitmen untuk sama-sama Menjaga dan melestarikan hutan di Parado. (SUKUR)

×
Berita Terbaru Update