Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sanggar Padompo Bakal Helat Festival Bumi Nggahi Rawi Pahu di Yogyakarta

Minggu, 15 Maret 2020 | 3:35 AM WIB Last Updated 2020-03-14T19:35:49Z


Yogyakarta, Lensa Pos NTB - Sanggar Padompo IKPM Dompu - Yogyakarta akan menyelenggarakan Event Festival Bumi Nggahi Rawi Pahu dengan tema "Dana Dompo".
Salah seorang mahasiswa yang bergabung dalam IKPM Dompu - Yogyakarta, Habib menyebutkan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret / nol kilometer (KM) Yogyakarta pada hari Kamis, 26 Maret 2020.

Habib menjelaskan pagelaran ini bertujuan untuk mempromosikan Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Dompu - NTB.
"Mengingat Yogyakarta adalah miniaturnya Indonesia di mana seluruh element masyarakat, akademisi/Mahasiswa, wisatawan, dari berbagai penjuru Nusantara bahkan internasional berkumpul di Jogja. Maka dari itu Sanggar Padompo IKPM Dompu - Yogyakarta membuat sebuah terobosan untuk memperkenalkan seluruh kearifan lokal yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu," jelasnya.

Habib menguraikan kegiatan ini membawa harapan ke depan untuk Pemerintah Kabupaten Dompu lebih mengutamakan ekonomi jangka panjang. Di mana pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif/kerajinan tangan lainnya dapat dan mampu menjadi alternatif ekonomi yang membawa perubahan yang signifikan untuk masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. 
"Ketimbang kita menguras sumber daya alam yang kian waktu pasti akan habis di keesokan harinya," ucapnya.
Selanjutnya untuk masyarakat Dompu diharapkan pula agar nilai-nilai luhur kebudayaan yang selama ini mulai pudar dalam aktivitas sosial dapat dipupuk dan dilestarikan kembali demi terwujudnya kestabilan dalam lingkungan sosial.
.
Habib menyebutkan Festival Bumi Nggahi Rawi Pahu ini melibatkan berbagai elemen. Di antaranya Senior/Sesepuh IKPMD dan Senior/Sesepuh Dompu di Yogyakarta dan sekitarnya, Seluruh Organisasi Kecamatan Semi Otonom IKPMD, Seniman/Budayawan Kakanda Muhammad Soalihin Samaele (Selaku Sutradara Teater), Seluruh Mahasiswa Fakultas/Jurusan Seni asal Kabupaten Dompu di Yogyakarta, Kru Teater Sentir, Kru Teater Lilin, dan Partisipan Event dari luar IKPM Dompu / Organisasi Daerah lain lingkup Yogyakarta.

Adapun Ketua Panitia Kegiatan Teta Ais asal Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, 
Koordinator Sanggar Novalia Gita asal Kampo Rato Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu, dan 
Pelindung Penasehat  Ketua IKPM DOMPU-YOGYAKARTA Fahrunsyah asal Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu.

"Kegiatan ini murni hasil usaha pribadi yang dibangun oleh Mahasiswa Dompu yang ada di Yogyakarta," jelas Habib.

Rangkaian kegiatan dalam event yang akan berlangsung mulai pukul 14.00 sampai 23.00 Wita tersebut antara lain Pameran Hasil Bumi (Tei ro katada isi Dana Dompu), Tarian Tradisional Dompu (Tari Dompu), Lagu Daerah Dompu (Rawa Dompu), Pameran Foto Historis (Foto Dou Mantoi), Pengenalan Pariwisata Dompu (Tei ro Katada Hidi Ndiha Kai), Pameran Seni Rupa (Tei ro katada kambamba ro gamba mahasiswa Dompu), Ratapan Nagari (Nangi Dana Dompu), Sumpah Setia Rakyat Dompu Kepada Pemimpin (Makka Dana), Permainan/Atraksi Menggunakan Rotan dan Perisai (Mpa'a Manca Baleba). (AMIN).


×
Berita Terbaru Update