Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lindungi Mata Air, Reboisasi Kompak Dilaksanakan di Sorinomo - Pekat

Jumat, 06 Maret 2020 | 10:52 AM WIB Last Updated 2020-03-06T02:52:04Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Dalam rangka melindungi kawasan mata air sebagai sumber kehidupan, maka Pemerintah Desa Sorinomo bersama Personel Kepolisian, Anggota KPH Tambora dan sejumlah elemen masyarakat melakukan kegiatan reboisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu (4/3/2020) mulai jam 8.30 - 11.30 Wita itu dipusatkan di Lokasi mata air Dusun Pade Maju Desa Sorinomo Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. 

Kapolsek Pekat IPTU Yosep Subangtukan, SH melalui PS Paur Humas Polres Dompu, AIPTU Hujaifah menyebutkan lokasi tersebut merupakan kawasan hutan lindung yang menjadi tutupan negara.

"Penanaman pohon ini dalam rangka menghijaukan kembali kawasan areal mata air yang mengalami kerusakan akibat perambahan liat yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," ujar Hujaifah.

Adapun jenis pohon yang ditanam sebagai upaya penyangga sumber air/kelestarian lingkungan di kawasan mata air tersebut antara lain jenis duabanga (molucana/klanggo), kemiri, durian, dan mahoni.

Dikemukakannya jalinan sinergitas antara Pemerintah, Masyarakat, Anggota POLRI serta Pihak Dishut (KPH Tambora) dalam menjaga dan merawat Hutan yang khususnya pada sumber mata air sebagai penyangga mata kehidupan masyarakat ini juga untuk mengajak masyarakat agar turut bertanggung jawab menjaga dan memelihara hutan lindung apalagi yang menjadi penyangga mata air. Bila hutan di kawasan tersebut mengalami kerusakan yang lebih parah lagi, maka masyarakat akan merasakan secara langsung dampaknya. Salah satunya adalah kekeringan.

Pelaksana kegiatan adalah Kepala Desa Sorinomo, Supardi beserta Staf serta Masyarakat, Kapolpos Doropeti (mewakili Kapolsek Pekat) Bripka Putu Sumahardana dan Bhabinkamtibmas Desa Sorinomo Briptu M. Wahid, KPH Tambora yaitu Kasi Kam dan Kepala Resort Tambora dan beberapa Anggota. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update