Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

BPIH Embarkasi Lombok Turun Sekitar Rp. 1 Juta

Minggu, 22 Maret 2020 | 7:52 AM WIB Last Updated 2020-03-21T23:52:06Z
M. Shalihin, Kasi PHU
Kemenag Dompu

Dompu, Lensa Pos NTB - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk Embarkasi Bandara Internasional Lombok (BIL) mengalami penurunan sekitar Rp. 1 juta. Yang mulanya ditetapkan sekitar Rp. 38.454.000 akhirnya diturunkan menjadi Rp. 37.300.000.
"Alhamdulillah kita mendapat keringanan walaupun tidak terlalu banyak, BPIH untuk Embarkasi Lombok turun sekitar 1 juta rupiah," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, M. Shalihin, S. Ag, MM di ruang kerjanya kemarin.

Shalihin menyebutkan pelunasan BPIH Tahap I dijadwalkan mulai 19 Maret sampai dengan 17 April 2020 Sedangkan tahap II pihaknya belum mendapatkan jadwal resmi.
"Kami sudah memberikan informasi kepada calon jamaah haji tentang jadwal pelunasan ini saat pelaksanaan senam kesegaran jasmani bagi calon jamaah haji di GOR kemarin," ujarnya.

Lebih lanjut Shalihin menyebutkan jumlah CJH Dompu tahun 2020 ini mengalami penambahan 5 (lima) orang lagi. Dari 264 orang menjadi 269 orang. Kepada 5 orang tambahan itu juga telah diberi informasi untuk pelunasan setoran BPIH. Dikatakannya meski telah ada keputusan resmi penambahan 5 orang ini, namun ia tidak bisa menjamin 5 orang ini akan dipastikan untuk diberangkatkan tahun ini karena bisa saja terjadi kemungkinan terjadinya penundaan. Namun demikian pihaknya tetap meminta kelima CJH bersangkutan untuk melunasi setoran BPIH dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk keberangkatan.
"Kita tetap memerintahkan yang 5 ini untuk menyelesaikan (pelunasan setoran BPIH,red). Jangan sampai terjadi pemberangkatan resmi. Kalau memang ditunda ya sabar," ucapnya.

Kasi PHU juga mengemukakan kemungkinan masih akan ada penambahan jamaah haji lagi yang akan diberangkatkan tahun ini dari kategori lanjut usia (lansia) dan dari jamaah haji penggabungan.
Jamaah haji penggabungan adalah jamaah haji suami dan istri atau ibu dengan anak yang salah satunya belum tertera namanya untuk diberangkatkan tahun ini karena pendaftaran hajinya belakangan. Maka mulai tahun ini ada kebijakan pemerintah boleh digabungkan.

"Termasuk bagi yang penambahan lansia dan jamaah haji penggabungan ini diberi waktu untuk pelunasan Tahap II nanti," jelasnya.

Apakah dampak Virus Corona saat ini tidak mempengaruhi pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 ini ? Shalihin menjawab sampai sejauh ini pemerintah tetap menginstruksikan untuk mempersiapkan segala urusan administrasi bagi keberangkatan jamaah haji. Demikian pula kegiatan pemeriksaan kesehatan maupun bimbingan manasik haji tetap terlaksana sebagaimana biasanya. Berdasarkan informasi yang diterimanya pelaksanaan haji tetap berjalan sebagaimana biasanya meski saat ini Pemerintah Arab Saudi menutup pelaksanaan Umroh.
"Insyaallah Allah akan menjaga jamaah haji mari kita berdoa bersama semoga jamaah haji kita diberikan kesehatan, kekuatan, dan keselamatan oleh Allah," harapnya mengakhiri.
Sekedar informasi jamaah haji Kabupaten Dompu yang diberangkatkan tahun ini mulai dari nomor porsi 1500059056 sampai dengan 1500072538. (AMIN).




×
Berita Terbaru Update