Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penanaman Massal di Dompu Sukses

Minggu, 26 Januari 2020 | 11:09 AM WIB Last Updated 2020-01-26T05:29:55Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Acara penanaman massal yang dilaksanakan di Kabupaten Dompu pada hari Ahad (26/1/2020) berjalan lancar.

Kegiatan penanaman di Kabupaten Dompu dilaksanakan di 2 (dua) lokasi. Yakni di sekitar embung Desa Karamabura Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dan di sekitar lokasi Dam Tanju di Desa Tanju Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Hadir mengikuti kegiatan penanaman di Karamabura adalah sejumlah komunitas dari Kecamatan Dompu dan Kecamatan Woja. Seperti dari Pemda Dompu, OPD terkait (BPBD, KLH, DPPKB), Alumni SMAN 1 Dompu, Komunitas Alumni SMA Angkatan 94 Dompu, 
Samalaona 93 Dompu, Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Dompu, Senkom MP, Gabungan Pecinta Alam Woja, Koalisi Perempuan Indonesia, KNPI, Komunitas Gowes Dompu, dan Karang Taruna.


Sedangkan di Manggelewa kegiatan penanaman dihadiri sekitar lebih dari 500 orang di bawah komando Danramil 1614-06, Kapten Inf. Mujiono dan Kapolsek Manggelewa, IPTU Ramli, SH.

Personel TNI, POLRI, Pramuka, KPH Tambora, PIK-R Ponpes Hamzan Wadi NW, Kelompok Tani Hutan Manggelewa, Pokdarwis Oi Kampasi dan masyarakat umum mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Mudah-mudahan pohon yang kita tanam ini dapat bermanfaat buat anak cucu kita," ujar Camat Manggelewa, Drs. Ismail dalam sambutannya sebelum memulai penanaman sembari berharap agar tanaman tersebut bisa dirawat dan dijaga agar bisa tumbuh dengan baik.

Danramil Manggelewa, Kapten Inf. Mujiono menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Budaya Rimpu Nusantara (YBRN) di Jakarta ini.
"Kami sangat berterima kasih kepada warga Bima Dompu yang ada di Jakarta yang telah berinisiatif melaksanakan penanaman massal ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh komunitas yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah melaksanakan penanaman massal ini," ucapnya.
Sscara khusus ia sangat mengapresiasi pemilihan lokasi sekitar Dam Tanju untuk penanaman di Kecamatan Manggelewa.
"Karena Bendungan Tanju itu sebagai destinasi wisata sehingga kita berkeinginan sekitarnya menjadi hijau," tandasnya.
Lebih lanjut ia mengaku prihatin dengan kondisi hutan di Dompu yang sudah sangat parah kerusakannya.
"Kita harus memikirkan anak cucu kita ke depan. Kalau hutan kita rusak tinggal menunggu bencana yang bertubi-tubi. Kita rasakan sendiri bagaimana panasnya daerah kita karena gunung-gunung sudah gundul," tuturnya.

Koordinator se Kabupaten Dompu, M. Irianto juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan penanaman massal pohon buah berupa durian, nangka, kemiri dan mangga yang ditanam di lahan jagung masyarakat.
Terima kasih juga ia sampaikan kepada BD DAS Moyongsari NTB di Manggelewa yang telah menyiapkan 10.000 bibit pohon untuk ditanam di Bima dan Dompu dalam program YBRN ini. 
Di Kabupaten Bima jumlah penanaman sebanyak 5.000 pohon yang dipusatkan di Parado pada Sabtu (25/1/2020) kemarin.
Sedangkan di Kabupaten Dompu sebanyak 5.000 pohon juga yang dibagi pada 2 wilayah yaitu Karamabura di Kecamatan Dompu dan di Tanju Kecamatan Manggelewa.
"Penanaman ini berkelanjutan. Sengaja belum diselesaikan hari ini karena dikhawatirkan akan banyak mati karena belum turun hujan. Tanggal 30 Januari akan dilanjutkan penanaman ini dan insyaallah akan dihadiri bapak Dandim (1614/Dompu) dan dilanjutkan lagi pada acara Persami (Perkemahan Sabtu Minggu)," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Jamaluddin, S. Sos yang menghadiri penanaman di Tanju-Manggelewa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisiasi, mendukung, dan melaksanakan kegiatan penanaman massal ini.
"Hutan kita di Dompu ini berada dalam kondisi darurat. Sekitar 20 % saja yang masih tersisa. Penanaman seperti ini harus terus dilaksanakan," tegasnya.
Ia mengaku pemerintah sangat mendukung gerakan penanaman baik secara massal maupun masing-masing pribadi masyarakat.
"Masyarakat akan bisa sejahtera bila memanfaatkan lahannya untuk mrnanam tanaman seperti durian, nangka, mangga maupun kemiri. Bukan hanya jagung yang bisa menyejahterakan," terangnya mengakhiri. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update