Kado Istimewa Akhir Tahun, Perpusda Kabupaten Bima Raih Penghargaan Terbaik Nasional

Kategori Berita

.

Kado Istimewa Akhir Tahun, Perpusda Kabupaten Bima Raih Penghargaan Terbaik Nasional

Koran lensa pos
Kamis, 02 Januari 2020

Bima, Lensa Pos NTB – Dipenghujung Tahun 2019, merupakan tahun keberuntungan bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, ditengah keterbatasan sarana dan prasarana, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima mampu mempersembahkan penghargaan terbaik ditingkat nasional.   

Penghargaan tersebut diberikan pada malam penutupan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Perpustakaan Tingkat Nasional Awal Desember 2019 lalu, di Hotel JW Marriot Surabaya dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Basyirun, S.Pd,M.Pd mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, dan disaksikan oleh 1100 orang peserta PLM di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Perpustakaan, Basyirun, S.Pd,M.Pd saat di wawancara awak media mengatakan, bahwa prestasi ini merupakan bukti nyata pengakuan Pemerintah Pusat atas kinerja terbaik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima. "kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, dan ini adalah wujud kerja keras dan kerja cerdas semua Tim Literasi di Perpusda, tiada hari tanpa inovasi" tambah Kabid asal Kecamatan Lambu ini.

Basyirun juga menceritakan kondisi awal perpustakaan daerah yang sangat tidak nyaman dan tidak populer, tapi sejak saat itu, saya melakukan terobosan-terobosan dan inovasi di bidang layanan sehingga menjadi sangat populer dari desa hingga ke pusat seperti saat ini, ungkapnya. Atas kinerja terbaik ini, lanjutnya,  pada tahun 2019, Pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima sebagai pilot project Program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial dan literasi Untuk Kesejahteraan, bersama 59 kabupaten/kota lain.

Bahkan yang paling membahagiakan, kami mendapat Anggaran dari pusat untuk Pembangunan fasilitas gedung layanan perpustakaan daerah dengan nilai sebesar 8,6 milyar dari Dana DAK tahun 2020. Dengan adanya gedung baru yang mewah berstandar nasional ini, dapat meningkatkan minat baca masyarakat untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Literasi" harap kabid yang akrab dengan para awak media ini. (TIM)