Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pimpin Apel, Wakapolres Bima Bacakan Lima Poin Amanat Kapolri

Kamis, 19 Desember 2019 | 3:19 PM WIB Last Updated 2019-12-19T07:19:23Z

Bima, Lensa Pos NTB – Apel gelar pasukan Lilin gatarin 2019 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, digelar hari ini, kamis (19/12/2019) di Mapolres Bima. Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Bima, Kompol Miftahul Ahyar, S.IK bertindak selaku Inspektur Apeldan Komandan Apel IPDA Adi Sipayung, S.Tr.K. Sedangkan peserta apel terdiri dari, 1 Peleton Gabungan Perwira, 1 Peleton korps Brimob, 1 Peleton  Dalmas Sat Sabhara, 1 Peleton Gabungan  personel Sat Reskrim, Intelkam dan Narkoba, 1 Peleton Personil Sat Lantas, 1 Peleton Staf Polres Bima, 1 Peleton  Sat Pol PP, 1 Regu Senkom Bima, 1 Regu Basarnas. 

Wakapolres membacakan amanat  Kapolri bahwaOperasi lilin tahun 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.038 objek diseluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, Terminal, Pelabuhan, stasiun kereta api dan Bandara. Dalam pelaksanaannya operasi ini akan melibatkan 191.807 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari atas 121.358 personil Polri, 17.190 personil TNI serta 55.259 personil yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan Polisi pamong praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, pemadam kebakaran, linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan 745. Pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.  Adapun beberapa penekanan, yaitu : 1) Jaga kesehatan serta niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2) Pastikan personil diri sesuai ploting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.3) Lakukan deteksi  dini dengan memetakan titik. kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. 4) Melaksanakan pengamanan secara profesional dan Humanis berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan body sistem. 5) Mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.  Selesai Apel Gelar pasukan  kemudian di lanjutkan dengan  pemusnahan Barang Bukti Berupa Miras , Knalpot Racing dan Sajam oleh  Waka Polres bersama tamu Undangan .

Kapolres Bima AKBP GUNAWAN TRI HATMOYO S. IK melalui Kasubbag Humas IPTU HANAFI  menjelaskan bahwa polres Bima melibatkan personel  Lilin gatarin 2019 sebanyak 92 orang personel yang terdiri  :  64 orang pers Polres Bima,  16 orang pers  Brimob Bima dan 8 orang pers TNI AD. Dan akan di tempatkan pada  Pos yang telah di tentukan yakni 1 Pos Yan  berlokasi di jln raya lintas Bima - Sumbawa depan Bandara M. Salahuddin Bima dan  3 Pos Pam  yang berlokasi di  gereja Tolonggeru Desa Ndano, Gereja di Nggeru Kopa Desa Palama, dan Gereja di Sangari Desa Mbawa  Kecamatan Donggo. (TIM)

×
Berita Terbaru Update