Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

TP PKK Kabupaten Dompu Gelar Pelatihan Cipta Menu B2SA

Jumat, 29 November 2019 | 10:28 AM WIB Last Updated 2019-11-29T02:28:07Z

Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Hj. Eri Aryani H. Bambang saat membuka Pelatihan Cipta Menu B2SA di Gedung PKK Dompu, Jum'at (29/11/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu menggelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus PKK melalui Pelatihan Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman). 
Kegiatan yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Dompu itu akan berlangsung pada hari Jum'at (29/11/2019).

Ketua Panitia sekaligus Ketua Pokja III, Hj. Suharti Soehartomo dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini program kerja Kelompok Kerja (Pokja) III bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk peningkatan Kapasitas pengurus PKK.

"Peserta dari Kecamatan Manggelewa, Kilo, Kempo dan Pekat ditambah dari beberapa desa yang ada di 4 kecamatan tersebut dengan jumlah peserta 100 orang," ungkapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Hj. Eri Aryani H. Bambang dalam sambutannya mengatakan pelatihan Cipta Menu B2SA ini bukan hanya dalam bentuk teori tetapi ada praktek langsung yang bisa dipelajari bersama. Kreativitas di dalam mengolah masakan adalah hal yang penting di dalam cipta menu B2SA ini.
Setiap kecamatan punya hasil laut masing-masing memanfaatkan sumber daya yang ada.


Disebutnya asak serba ikan Pokja III TP PKK Kabupaten Dompu sudah dilombakan sampai di Tingkat nasional. Kami berharap nanti ada lagi yang memiliki prestasi dalam lomba masak serba ikan sampai ke tingkat masional.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan B2SA ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas. Bisa membawa pulang ilmu pengetahuan dan bisa menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Umi Eri juga menitipkan pesan agar masyarakat membersihkan selokan di dekat tempat tinggal masing-masing.

"Harapan saya selokan di sekitar rumah dibersihkan mengantisipasi terjadinya banjir.
Saya titip pesan kepada Camat, Kepala Desa mohon lingkungan sekitar dibersihkan dari sampah untuk menghindari terjadinya genangan air hujan," harapnya.

Ketua TP PKK juga menginformasikan bahwa pada tanggal 28 Desember 2019 jam 07.30 Wita Ustadz Maulana akan hadir di Lapangan Beringin Dompu.
 
"Karena kita akan mengakhiri tahun 2019. Mudah-mudahan di tahun baru 2020 kita menjadi lebih baik dari sekarang," 
Display pembuatan Rolade Ikan Laut
M. Irfan, M. Si dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu dalam materinya menjelaskan menu B2SA prinsipnya adalah seimbang asupan zat gizi dengan kebutuhan tubuh, seimbang antar ketiga fungsi pangan (sumber tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur), seimbang jumlah antar waktu makan (pagi, siang dan malam), bebas dari cemaran dan atau kandungan bahan berbahaya untuk kesehatan, serta memanfaatkan bahan pangan lokal yang tersedia disekitar, harga sesuai kemampuan. 

"Menu B2SA bagaimana kita memanfaatkan potensi sumber daya lokal kita," tandasnya.

Lebih lanjut Irfan menjelaskan hampir 70 % masyarakat Indonesia mengonsumsi beras. Untuk menguranginya pemerintah menggaungkan penganekaragaman pangan dari sumber karbohidrat non beras. 

"Bagaimana kita bisa mengurangi ketergantungan kita mengonsumsi beras dengan mengonsumsi pangan karbohidrat lain non beras seperti jagung, ubi, singkong, pisang, maupun sukun," jelasnya.

Irfan selanjutnya berharap hasil pelatihan cipta menu ini dapat ditularkan kepada masyarakat luas. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update