KNPI Dompu Tetap Laksanakan Pemilihan Pemuda Inspiratif

Kategori Berita

.

KNPI Dompu Tetap Laksanakan Pemilihan Pemuda Inspiratif

Koran lensa pos
Jumat, 01 November 2019

Rihul Rahman, ST Ketua KNPI Kab. Dompu
Dompu, Lensa Pos NTB - Setiap tahun DPD KNPI Kabupaten Dompu selalu melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperigati Hari Sumpah Pemuda (HSP). Salah satunya adalah pemilihan Pemuda Inspiratif.
Namun di moment HSP ke 91 tahun 2019 ini  kegiatan tersebut tidak dilaksanakan.

Ketua KNPI Kabupaten Dompu, Rihul Rahman, ST yang dikonfirmasi media ini usai Upacara HSP ke 91 pada Senin, 28 Oktober 2019 lalu mengemukakan bahwa Pemilihan Pemuda Inspiratif tetap dilaksanakan pada tahun 2019 ini.

"Insya'allah Pemilihan Pemuda Inspiratif tetap dilaksanakan," ucapnya singkat.

Rihul mengatakan sebagaimana yang terjadi setiap tahun, nominator Pemuda Inspiratif  akan menjadi duta Kabupaten Dompu untuk mengikuti ajang Pemilihan Pemuda Pelopor di Tingkat Provinsi.
Diakuinya nominator Pemuda Inspiratif dari Kabupaten Dompu yang diikutkan dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi NTB kerap mendapatkan nominasi juara.

"Mulai tahun 2014 sampai tahun 2018 pemuda Dompu menjadi runner up di tingkat provinsi bahkan tahun ini mendapatkan juara I di Tingkat Provinsi dan mewakili NTB ke tingkat nasional dan mendapatkan juara IV yaitu Ompu Stecken (Ramlin, S. Pd)," ungkapnya.

Ia mengemukakan Ompu Stecken melakukan suatu dobrakan mengubah kebiasaan masyarakat di desanya yaitu Desa Wawonduru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu untuk memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing dengan tanaman hortikultura.
Walhasil kini di desa tersebut menjadi desa yang asri dan indah dan dijadikan desa  percontohan karena mampu memanfaatkan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman bermanfaat. 
Selain itu, Ompu Stecken telah berjasa besar mengangkat produk kopi lokal (kopi tambora) sehingga mampu menjangkau pasaran nasional.

Bercermin pada Ompu Stecken serta pemuda-pemuda inspiratif lainnya, Rihul berharap seluruh pemuda Dompu untuk mengembangkan ide-ide dan gagasan serta memiliki kreativitas untuk membangun desa masing-masing dan daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu tercinta ini.

Sesuai dengan tema HSP'91 ini yaitu "Bersatu Kita Maju",  Rihul juga mengajak pemuda Dompu bersatu dan menghindari konflik demi menjaga kondusivitas daerah ini. (AMIN).