Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sejumlah Makam di Komplek Masjid Nurul Yaqin Desa Nowa Dibongkar

Sabtu, 07 September 2019 | 4:07 PM WIB Last Updated 2019-09-07T09:02:46Z
Penggalian Kuburan di komplek Masjid Nurul Yaqin Desa Nowa, Sabtu (7/9)
Dompu, Lensa Pos NTB -  Sejumlah kuburan yang terletak di komplek Masjid Nurul Yaqin Desa Nowa Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Sabtu (7/9) dibongkar. 

Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Apriyadin, SH mengungkapkan pembongkaran makam itu dilakukan karena lokasi tersebut akan dijadikan untuk perluasan bangunan masjid sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Desa Nowa itu.
Pihak keluarga mengafani kembali 4 jenazah hasil penggalian di komplek Masjid Nurul Yaqin Desa Nowa, Sabtu (7/9)
"Hasil identifikasi yang kami lakukan ada 12 kuburan yang ada di lokasi ini," ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan telah ada 4 jenazah yang telah berhasil diangkat dari kuburannya dengan kondisi sudah hancur bercampur tanah.
Hanya ada beberapa bagian tulang tengkorak dan tulang kaki yang masih utuh. 
Yang berhasil diangkat adalah jenazah almarhum A. Lahim A. Rahman (Ua Leho) wafat,  tahun 1976, almarhumah Ice A. Rahman (Wa'i Acu) wafat tahun 1979, almarhum A. Rahman Dali wafat 1980, dan almarhum Ismail (Ompu Mo'i) wafat tahun 1982.

Usai diangkat keempat jenazah tersebut, pihak keluarga mengafaninya dan selanjutnya diusung menggunakan keranda untuk dimakamkan di area pemakaman keluarga almarhum H. M. Ali Gafu di Dusun Nowa Desa Nowa.
4 jenazah hasil penggalian di komplek Masjid Nurul Yaqin dikebumikan kembali di area pemakaman keluarga
Apriyadin mengatakan sebelum pelaksanaan penggalian, pihaknya sudah menyurati secara resmi ke MUI Kabupaten Dompu, Kemenag Kabupaten Dompu untuk pemberitahuan dan permohonan petunjuk pelaksanaannya. 
Panitia juga telah menyurati Danramil 01/1614 Dompu dan Kapolres Dompu untuk permohonan bantuan pengamanan dan menyurati Kalapas Klas IIB Dompu untuk permohonan bantuan tenaga. Nampak puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dikerahkan dalam proses penggalian jenazah.

"Penggalian in sya'allah akan dilanjutkan pada hari Senin lagi masih ada 8 kuburan yang akan dibongkar," kata Apriyadin, SH Ketua Panitia.

Disebutnya masih ada makam almarhum H. Kandi (wafat 1992), almarhum H. Ibrahim/Guru Iba (1985), almarhumah Wa'i Bacu (Bice) istri almarhum H. Kandi (1985) serta beberapa jenazah lainnya yang belum digali.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Nowa, Kurais A. Bakar, Ketua Pengurus Masjid Nurul Yaqin, H. Husain A. Rahman, S. IP, Pengurus Masjid Ismail H. Mansyur,, S. Pd, Abdurrahman Hasan, S. Pd.I dan tokoh masyarakat lainnya.(AMIN).

×
Berita Terbaru Update