Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemenag Dompu Gelar Updating Data EMIS Guru PAI

Selasa, 20 Agustus 2019 | 12:25 PM WIB Last Updated 2019-08-20T04:25:46Z
Plh. Kepala Kemenag Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag saat membuka kegiatan Updating Data EMIS Guru PAI di aula Kemenag Dompu, Selasa (20/8)
Dompu, Lensa Pos NTB -  Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Selasa (20/8) melaksanakan kegiatan Updating Data Education Management Information System (EMIS) bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum tahun pembelajaran 2019/2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kemenag Kabupaten Dompu itu mengangkat tema "Dengan Updating Data EMIS Kita Tingkatkan Kualitas Pendataan Berbasis Aplikasi" dan dihadiri oleh sekitar 100 orang guru PAI di sekolah umum.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk sertifikasi guru di Kemenag Dompu, Drs. H. Muhammad Ikhsan, MM menjelaskan bahwa masing-masing guru  harus mengupdating data-datanya sendiri baik bagi guru di sekolah umum maupun guru di madrasah. "Terutama bagi guru sertifikasi," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya bagi guru dituntut untuk memberikan pembelajaran dan contoh teladan yang baik sesuai visi pembangunan pendidikan Islam berakhlaq mulia, cerdas dan kompetitif.
"Apa yang menjadi visi pembangunan pendidikan Islam ini hendaknya dapat diterapkan," imbaunya.

Lebih lanjut Ikhsan menegaskan bagi guru PAI agar memenuhi jam tatap muka di kelas. Apabila diaudit dan ditemui kekurangan jam tatap muka, maka pembayaran tunjangan profesi akan dikurangi. 
"Untuk itu silakan ditambahkan dengan jam tambahan yang linier dan kegiatan ekstrakurikuler. Demikian pula bagi guru sertifikasi di madrasah," harapnya.

Demikian pula pengumpulan bahan-bahan untuk pencairan tunjangan profesi bagi guru PAI sertifikasi dipantaunya masih kerap terlambat. Untuk itu Ikhsan berharap agar pengumpulan bahan yang diperlukan tidak mengulur-ulur waktu.
"Kasihan teman-temannya yang lain menunggu," ucapnya.

Kepala Seksi Pendais, Drs. H. A. Gani H. A. Malik berharap masing-masing guru untuk menginput data masing-masing secara mandiri. 
"Silakan mengisi secara mandiri data aplikasi EMIS dan SIAGA itu dan bila ada kesulitan diharap menemui operator," pintanya.

Operator Pendais Kemenag Kabupaten Dompu, Erfiansyah memaparkan saat ini guru PAI masih menginput data ganda yaitu di aplikasi EMIS dan juga aplikasi SIAGA. 
"Apapun yang berubah dimasukkan dalam data EMIS itu," jelasnya.

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kabupaten Dompu, Mukmin, S. Pd.I menerangkan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan karir terutama yang menyangkut  kelancaran pencairan tunjangan profesi guru.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kemenag Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag yang menutup kegiatan tersebut bahwa data adalah hal yang sangat penting termasuk penginputan data secara mandiri oleh guru-guru.

Alimuddin mengemukakan bahwa kemampuan literasi bagi guru agama itu adalah hal yang amat penting. Karena itu diharapkan guru untuk mengasah kemampuan menulis. Apalagi dalam waktu dekat ini  Kementerian Agama akan menggelar lomba penyusunan bahan ajar bagi guru. (AMIN)

×
Berita Terbaru Update