LPMP NTB Gelar Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan di Kabupaten Dompu

Kategori Berita

.

LPMP NTB Gelar Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan di Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Kamis, 11 Juli 2019
Dompu, Lensa Pos NTB - Bertempat di ruang rapat Bupati Dompu, Kamis (11/7) digelar kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan di Kabupaten Dompu.
Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB dengan Pemkab Dompu.

Hadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Kabupaten Dompu Komisi Pendidikan, Perwakilan dari Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, BKD dan PSDM, UPTD Dikmen PK dan PLK Kabupaten Dompu, Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Korwas, Kepala sekolah dan guru SD, SMP, SMA, dan SMK, maupun MKKS Tingkat SD, SMP,  SMA dan SMK.
Adapun tujuan kegiatan memberikan data dan informasi tentang pencapaian mutu pendidikan kepada stakeholders pendidikan pada level Kabupaten/Kota; menyampaikan gambaran dan data peta mutu sekolah berbasis standar nasional pendidikan (SNP) pada masing-masing wilayah kerja; Memberikan informasi tentang permasalahan dan upaya peningkatan mutu pendidikan; Memberikan informasi data sebagai acuan dalam menentukan arah kebijakan peningkatan mutu yang sistematis, terintegrasi, terkontrol dan berkelanjutan; Melakukan kerjasama peningkatan kualitas pembelanjaan anggaran untuk peningkatan mutu di Kabupaten/Kota


Hasil (output) dari kegiatan diharapkan tersedianya data dan informasi tentang pencapaian mutu pendidikan bagi stakeholders pendidikan level Kabupaten/Kota; Tersedianya data peta mutu sekolah berbasis SNP pada masing-masing wilayah; Tersedianya informasi tentang permasalahan dan upaya peningkatan mutu pendidikan; Terumusnya kebijakan-kebijakan dalam menentukan arah peningkatan mutu pendidikan; serta terciptanya kerjasama dalam peningkatan kualitas pembelajaran anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan.
Sebagai pemateri dari LPMP Provinsi NTB yakni Kepala LPMP Provinsi NTB, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.SI, Nur Hidayati, S. Kom, MT (Widyaiswara LPMP Provinsi NTB),  Drs. I Made Murta Astawa, M.Pd (Kasi PMS LPMP NTB), Drs. Hj. Sri Sukriyani,  Drs. Sakban (Kasi Sistem Informasi), dan Dra. Hj. Sudiati Prihatiningrum.

Kepala LPMP NTB, Minhajul Ngabidin mengatakan wajah pendidikan di Kabupaten Dompu dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan berbagai pencapaian yang diraih.
"Meski demikian ada beberapa catatan yang harus dibenahi antara lain kemampuan guru untuk mengajar masih perlu untuk ditingkatkan dan hasil Uji Kompetensi Guru masih rendah," ungkapnya.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya menegaskan bahwa paparan dari LPMP NTB merupakan realita tentang pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Dompu. Hal-hal yang masih kurang agar bisa dibenahi dan yang sudah baik supaya lebih ditingkatkan lagi. "Semoga apa yang disampaikan oleh LPMP NTB ini dapat dijadikan rujukan untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Dompu," harapnya.
Bupati yang memiliki background sarjana pendidikan ini menekankan agar pihak sekolah dapat melakukan pemetaan terhadap bakat dan minat siswa sehingga dapat didorong untuk semakin dikembangkan dan ditingkatkan.

Kegiatan Diseminasi tersebut diakhiri dengan penandatangan Memorandum Of Understanding (MOU) oleh Bupati Dompu dan Kepala LPMP Provinsi NTB yang berisi Pernyataan Komitmen Bersama Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan. (AMIN)