Ponpes Utsman Bin Affan Dompu Gelar Wisuda Santriwan dan Santriwati Angkatan Ke XI

Kategori Berita

.

Ponpes Utsman Bin Affan Dompu Gelar Wisuda Santriwan dan Santriwati Angkatan Ke XI

Koran lensa pos
Senin, 06 Mei 2019

Dompu, Lensa Pos NTB - Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Dompu yang berlokasi di Jalan Lintas Rahalayu-O'o, Desa Manggeasi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu pada hari Ahad (5/5) atau bertepatan dengan 30 Syakban 1440 Hijriyah menyelenggarakan acara wisuda bagi 22 orang santriwan dan santriwati Angkatan XI tahun 2019 atau 1440 H.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 400 tamu undangan. Di antaranya    Ketua Ma'had Utsman Bin Affan Dompu/Kepala SMK IT Dompu H. Syamsuddin, M.Pd, Penceramah Ustadz Muhammad Taqiyuddin, S.Pdi, Pimpinan Ponpes Utsman Bin Affan Dompu Ustadz Zainuddin M. Yakub, S.Pdi, Kepala Sekolah SMA IT Utsman Bin Affan Dompu H. Ir. Amin, Kepala MTs As Salam Dompu Muhammad Jufri, S.Pd,  Da'i Ustadz Abdul Jalil, S.Pdi, Para pimpinan Pondok Pesantren di Dompu, tokoh masyarakat dan tokoh Agama,  Wali santri, Majlis Ta'lim, Alumni Ponpes Utsman Bin Affan Dompu,  Santriwan/Santriwati, para guru, Asatidz-Asatidzah dan pengurus ponpes Utsman Bin Affan Dompu.

Nampak hadir pula Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si, Kasi PD Pontren Kemenag Dompu, Drs. H. Hasaruddin, M. Pd,  Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf. Hamzah, KBO Sat Intelkam Polres Dompu IPDA Makrus Badaruddin, S.Sos, mewakili UPT Dikmen PK-PLK Kabupaten Dompu, Drs. HM. Nor,
Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Dompu Ustadz Zainuddin M. Yakub, S.Pdi. Dalam sambutannya Ustadz Zain menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam acara wisuda santriwan/wati.
Ia menyebutkan saat ini jumlah santri lebih kurang 200 orang.
Diungkapkan Zain para Alumni Ponpes Utsman Bin Affan Dompu telah banyak yang sukses. Di antaranya ada yang sudah mendirikan pondok Tahfidz, ada yang sudah sarjana S1, S2 dan S3. Selain yang menempuh pendidikan ada juga yang sudah menjadi Tentara (TNI), Ahli bedah, ada juga menjadi Presiden Mahasiswa Ibnu Kholdun Bogor, Ketua HMI Mataram dan yang paling banyak adalah Penghafal Qur'an 30 Juz.

"Santriwan- santriwati juga banyak yang meraih prestasi," ujarnya seraya menyebutkan di antaranya juara 1 debat Bahasa Inggris Se SMA Kabupaten Dompu tahun 2006, juara 1 Olimpiade Fisika tahun 2007, juara 2 beladiri se Kabupaten Bima-Dompu tahun 2008, juara 2 Sepak bola mini se Ponpes Bima-Dompu tahun 2009, juara 1 telling story se SMP Kabupaten Dompu  2015, juara 1 Kaligrafi se pondok pesantren Kabupaten Dompu tahun 2016, juara 1 Pidato bahasa Arab se ponpes Kabupaten Dompu tahun 2017, juara 1 olimpiade Geografi se Kabupaten Dompu tahun 2018.
Acara dilanjutkan dengan Pembacaan SK penetapan kelulusan dan Khutbah Wada (Ceramah) oleh Ustadz Muhammad Taqiyuddin, S.Pdi serta proses pengangkatan sumpah dipimpin oleh Mudir Ma'had Ustman Bin Affan, Ustadz Zainuddin M. Yakub, S.Pdi. (TIM LENSA POS NTB )