Kendati Hujan Panen Raya Jagung Pangdam IX/Udayana di Manggelewa Sukses

Kategori Berita

.

Kendati Hujan Panen Raya Jagung Pangdam IX/Udayana di Manggelewa Sukses

Koran lensa pos
Rabu, 27 Maret 2019
Dompu, Lensa Pos NTB - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., bersama istri Ny. Riza Benny Susianto didampingi Danrem 162/WB Kolonel czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., bersama Forkopimda Dompu melaksanakan panen raya jagung di Desa Suka Damai Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Selasa (26/3). Kondisi hujan lebat mengiringi proses panen raya jagung. Saat panen raya berlangsung Manggelewa dan sekitarnya sudah mulai diselimuti mendung. Setelah acara panen raya usai, hujan sudah mulai mengguyur. Sehingga saat kegiatan seremonial berlangsung yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dibarengi dengan bunyi air hujan yang menjatuhi bumi. Bahkan yang memimpin lagu Indonesia Raya juga basah karena berdiri di tempat yang hanya beratapkan langit.

Kendati hujan terus mengguyur, acara sambutan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin dibarengi dengan rasa kebersamaan, canda tawa dan kelakar menambah hangat suasana. Demikian pula saat Pangdam IX/Udayana memberikan sambutan. Para hadirin mendengarkan dengan seksama.
Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Daerah dalam menyejahterakan rakyatnya melalui budidaya tanaman jagung. Menurutnya, melaksanakan panen raya jagung di Kabupaten Dompu bersama Bupati dan Forkopimda merupakan suatu penghargaan dan kebanggaan yang luar biasa.

Pangdam IX/Udayana kemudian menyematkan gelar Profesor jagung kepada Bupati Dompu. Pangdam juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersyukur karena memiliki tanah yang sangat subur, di sepanjang mata memandang terlihat hijau dengan tanaman jagung. Namun demikian, sambungnya, kita harus tetap memperhatikan dan menjaga keseimbangan alam sehingga semuanya bisa berjalan beriringan. Selain itu Alumni Akabri 1987 tersebut, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah daerah dan masyarakat kepada TNI khususnya jajaran Korem yang selama ini sudah bisa membantu menyelesaikan permasalahan di daerah. "Soliditas dan sinergitas harus dibangun sehingga semua permasalahan bisa terselesaikan dengan baik," terangnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019, Pangdam mengingatkan agar menjadikan pesta demokrasi yang aman, nyaman dan damai dengan memahami tujuan dari demokrasi itu sendiri. "Kita harus cerdas menjalani kehidupan berdemokrasi dan jangan fanatik, saya yakin di bawah kepimpinan Bupati masyarakat bisa menjadi masyarakat yang bijak menghadapi Pemilu," tegasnya. Mengakhiri sambutannya, orang nomor satu di jajaran Kodam IX/Udayana tersebut meminta kepada masyarakat  jangan melibatkan, mengajak dan mempengaruhi Prajurit TNI dalam politik praktis karena TNI tetap pada komitmennya untuk netral pada Pemilu 2019.

Sebelumnya, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah setiap tahun mengadakan kegiatan panen raya dan juga mengupayakan harga jagung tetap stabil sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan untuk masyarakat Dompu karena jagung."Tahun ini, insya Allah Indonesia tidak akan melakukan impor jagung dan mungkin kita akan melakukan ekspor kembali keluar negeri seperti yang kita lakukan tahun kemarin ke Philipina," ujar Bupati. Setelah menggelar panen raya jagung, Pangdam IX/Udayana bersama seluruh rombongan melaksanakan peninjauan ke beberapa sasaran TMMD ke 104 tahun 2019 yang sudah selesai dibangun. Dalam panen raya jagung juga dihadiri Aster Kasdam IX/Udayana, para Dandim jajaran Korem 162/WB, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.(amin)