Hasil Studi Banding, Kades Sori Sakolo Siap Lakukan Perubahan

Kategori Berita

.

Hasil Studi Banding, Kades Sori Sakolo Siap Lakukan Perubahan

Koran lensa pos
Kamis, 26 Juli 2018
Dompu, Lensa Post NTB - Baru-baru ini puluhan Kepala Desa di Kabupaten Dompu melakukan studi banding ke Pulau Jawa. Informasinya mereka studi banding di salah satu desa di Kabupaten Malang Jawa Timur dan di salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul DIY. Salah satunya adalah Umar H. Rasyid, Kades Sori Sakolo Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.  Umar memanfaatkan perjalanan ke pulau seberang itu untuk mengambil pembelajaran. Walhasil, banyak pengetahuan yang bisa diperolehnya di dua desa yang mereka datangi itu. Seperti tata cara pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),  pemanfaatan lahan tidur untuk pengembangan hortikultura dan pemberdayaan potensi sumber daya alam untuk pengembangan wisata. "Kalau mereka di sana bisa, saya yakin kita juga bisa," kata Umar kepada jajaran perangkat desanya.

Lebih lanjut Kades Sori Sakolo yang baru dilantik 4 Januari 2018 ini bertekad untuk mengadopsi hal-hal yang dipelajarinya untuk diterapkan di desa Sori Sakolo. "Bumdes kita kelola dengan baik agar bisa berkembang maju demi kesejahteraan masyarakat. Lahan-lahan tidur kita banyak bisa dikelola untuk tanaman hortikultura atau sayur-sayuran sehingga masyarakat tidak ada yang menganggur semua bekerja menghasilkan uang," tandasnya. Umar melihat wilayah Desa Sori Sakolo yang berbukit-bukit dan banyak mata air serta sungai sangat potensial pula untuk pengembangan wisata. "Nanti kita akan membuat taman rekreasi," tuturnya. Umar berjanji akan mengajak seluruh perangkat desanya bersama Karang Taruna untuk melakukan studi banding lagi ke Pulau Jawa agar mendapatkan banyak pembelajaran yang dapat dilaksanakan untuk membangun dan memajukan desa Sori Sakolo.

 Lebih lanjut, ia mengemukakan untuk memajukan desanya dibutuhkan kerjasama semua elemen, kesadaran masyarakat dan keamanan yang terjamin. Karena geliat pembangunan di Sori Sakolo di bawah kepemimpinan Kades baru ini, maka baru-baru ini Desa Sori Sakolo juga mendapat penghargaan dari Camat Dompu sebagai juara 1 (satu) Tingkat Desa Cepat Berkembang. Sedangkan tingkat kelurahan Cepat Berkembang diraih oleh Kelurahan Dorotangga. (LP.NTB/ Emo Dompu)