Polres Dompu Gelar Lomba Dakwah Santri Tentang Kamseltibcarlantas

Kategori Berita

.

Polres Dompu Gelar Lomba Dakwah Santri Tentang Kamseltibcarlantas

Koran lensa pos
Rabu, 02 Mei 2018
Dompu, Lensapost NTB - Kepolisian Resort Dompu Gelar Lomba Dakwah antar Santri Pondok Pesantren.Kegiatan yang berlangsung di aula Polres Dompu  pada Rabu (2/5) itu mengangkat tema "Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) Dalam Pandangan Islam".Ada sebelas santri pondok pesantren di Kabupaten Dompu mengikuti lomba tersebut. Yakni santri dari Ponpes Al-Kautsar-Ranggo, Ponpes Utsman Bin Affan-O'o, Ponpes As-Salaam-Katua, Ponpes Al-Ghoniyyu Mangge Asi dan Ponpes As-Sakinah-Wawonduru.

Meskipun dari segi usia, para santri tersebut masih berusia belasan tahun, tetapi ceramah yang mereka bawakan sangat gamblang dan menarik perhatian para hadirin yang mendengarkannya.

Materi ceramah yang ditampilkan oleh para remaja tersebut  tentang ketertiban berlalu lintas. Di antaranya berjudul "Anjuran Berlalu Lintas yang Sederhana", "Waspada Dengan Kecelakaan Berlalu Lintas", "Menghormati Hak Orang Lain di Jalan", "Bersabar Terhadap Musibah Lakalantas", "Berkendara Dalam Pandangan Islam", "Keselamatan Berlalu Lintas Mulai dari Rumah", "Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas", dan "Adab dan Akhlaq Berkendara di Jalan Raya".

Salah satu santri dalam ceramahnya mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan fatalitas kecelakaan dalam berlalu lintas, antara lain tidak memakai helm dan tidak memperhatikan rambu lalu lintas, berkendara dalam kondisi mabuk, usia anak-anak berkendara, mengoperasikan handphone.

Ketua Panitia, AIPTU Awalurrahman mengatakan lomba dakwah bagi para santri ini dalam rangka menindaklanjuti program Traffic Moslem Police Indonesia (TRAMPOLIN) dari Korlantas POLRI.

"Para santri atau ustadz itu selalu berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga diharapkan mereka dalam khutbahnya dapat menyampaikan tentang pesan-pesan Kamtibmas termasuk tertib berlalu lintas," kata Kaur Mintu di Sat Lantas Polres Dompu ini.

Acara diakhiri dengan pengumuman juara yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan sertifikat. (Amin Dompu)