Dandim 1614/Dompu Diwakili Pasi Intel Senam Bersama di Lapas Peringati HANI 2024

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Diwakili Pasi Intel Senam Bersama di Lapas Peringati HANI 2024

Koran lensa pos
Jumat, 05 Juli 2024

 

Kegiatan senam bersama di Lapas Kelas IIB Dompu memperingati Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2024



Koranlensapos.com - Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu menggelar Olahraga Bersama. Kegiatan itu berlangsung di Lapangan Olahraga Lapas Dompu di Desa Nowa Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan bertema "Masyarakat Bergerak Bersama, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar" itu diikuti sekitar oleh 500 orang. 

Tampak hadir Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan beserta istri Hj. Faridah, Dandim 1614/Dompu diwakili Pasi Intel Kapten Inf. Adisan, Kapolres Dompu diwakili KBO Narkoba Ipda Mohammad Erwin Rosadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu H. Muhammad Amin, Kepala Kejaksaan Negeri Dompu diwakili Kasi Pidum Adda'watul Islamiyyah, Kalapas Dompu H. A. Halik, S.Sos selaku tuan rumah, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Sekretaris BNK Kabupaten Dompu H. Zulkifli Lubis, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav M. Kasim, Pasiter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamza, Kepala Bsesbangpol Dompu Ardiansyah serta Perwakilan Tim PT. STM Ronal.

Ratusan warga binaan pemasyarakatan Lapas Dompu juga mengikuti kegiatan senam bersama tersebut.

Mengawali kegiatan itu, Kalapas H. A. Halik dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Forkopimda dalam acara senam bersama tersebut.

Kalapas melaporkan bahwa 
Lapas II B Dompu saat ini dihuni oleh 440 orang dengan rincian Narapida 355 orang dan tahanan 85  orang.

Dikemukakan Kalapas tugas pembinaan tetap dilaksanakan secara intens untuk warga binaan.  Melalui program pembinaan kerohanian, pihak Lapas ingin membina mental dan akhlak para warga binaan agar menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik.

Walhasil melalui program unggulan ini sangat dirasakan manfaatnya. Bahkan ada 8 orang yang sebelumnya belum bisa mengaji, menjadi bisa bahkan ada yang sampai berhasil menjadi juara di tingkat provinsi.

 "Alhamdulillah ada 9 orang warga binaan sudah bisa hafal Alquran dan kami berikan  piagam penghargaan untuk membuktikan nanti kepada anak-anak dan keluarga," sebut Kalapas.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Syahrul Parsan mengemukakan narkoba harus diberantas, karena sangat membahayakan bagi keselamatan masa depan generasi bamgsa. 

"Jika ada masyarakat kita yang terkena dampak dari narkoba kita bisa rehabilitasi dan bisa hubungi  BNK," ucapnya.

Wabup menegaskan semua komponen masyarakat harus menyatakan perang terhadap narkoba.

"Pada hari ini kita harus sepakat bahwa narkoba harus hilang dari bumi Nggahi Rawi Pahu," tegasnya. 

Dikatakannya peredaran dan penyalahgunaan narkoba kian merajalela. Hal ini harus menjadi keprihatinan bersama. Wabup mengapresiasi program pembinaan kerohanian di Lapas Dompu yang bisa bermanfaat untuk membina mental dan akhlak warga binaan agar tidak terpengaruh dengan narkoba dan sejenisnya.

Usai senam bersama dilanjutkan pengundian doorprize dengan hadiah-hadiah yang menarik. (emo).