Satgas TMMD 120 Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan

Kategori Berita

.

Satgas TMMD 120 Kodim 1614/Dompu Gelar Penyuluhan Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan

Koran lensa pos
Senin, 27 Mei 2024


Dompu, koranlensapos.com -  Kodim 1614/Dompu menggelar kegiatan Penyuluhan Tentang Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Madaprama Kecamatan Woja, Senin (26/5/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut Dandim 1614/Dompu diwakili Pasiter Lettu Inf. Hamzah, Kepala Dinas Kominfo Ir. Ruslan dan Kabid Aptika Diskominfo  Kabupaten Dompu Zainal Muttaqin S. IP, Kepala Desa Madaprama Ilham Spd, Babinkamtibmas Bripka Rijaidin, 
Babinsa Sertu Irfan, dan para Kadus se-Desa Madaperama.

Adapun peserta penyuluhan warga setempat sekitar 100 orang.

Pasiter Lettu Inf. Hamzah saat membuka kegiatan itu menyampaikan harapan kepada para peserta agar memperhatikan dengan seksama materi yang disampaikan oleh para narasumber agar dapat dipahami dan diterapkan.



 Kadis Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Ruslan menjelaskan kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi peningkatan perekonomian Indonesia. 

"Kewirausahaan melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan masyarakat dalam menyalurkan ide dan kreasinya melalui pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia," ujarnya.


Dikemukakan birokrat yang familiar disapa Dae Mpeo ini bahwa masalah yang kerap dihadapi para pelaku UMKM  yaitu kendala dalam pemasaran secara online karena keterbatasan inovasi dan teknologi. 

"Untuk itulah sehingga kegiatan ini dilaksanakan agar para pelaku usaha melek teknologi dan bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha bisnisnya," jelas mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu itu.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Aptika Zainal Muttaqin menerangkan untuk menghadapi tantangan di masa depan, pelaku UMKM harus memiliki kemampuan  menganalisis kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan berbasis teknologi informasi.

"Kemampuan menganalisis diperlukan untuk mengetahui apa permasalahan dan kebutuhan masyarakat sehingga hal tersebut dapat menjadi peluang usaha," urai Aba Eki, sapaaanya.


Dalam situasi yang penuh ketidakpastian saat ini, sambungnya, pertumbuhan ekonomi melambat, maka pelaku UMKM harus jeli memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan usahanya.

"Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman, tidak bisa lagi kita mengikuti cara-cara yang dulu, sekarang ini zaman digitalisasi, yang diperlukan keahlian yang mumpuni yang melek teknologi digital," paparnya sembari berharap melalui penyuluhan tersebut dapat memberdayakan peserta dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam era bisnis digital yang terus berkembang.


Ia berharap Digital Entrepreneurship Academy  dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha dan calon pelaku usaha UMKM untuk mengasah keterampilan mereka dalam pemasaran digital dan manajemen operasional bisnis. 


"Kami berharap agar kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Dompu memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan bisnis yang ditekuni. Tren bisnis online atau daring (dalam jaringan) kini seharusnya menjadi peluang usaha yang dapat dimaksimalkan karena memberikan banyak kemudahan kepada UMKM," ulasnya.

Kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Piagam penghargaan dari Kodim 1614/Dompu Kepada Kadis Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Ruslan. (emo).