Ws Danramil Kempo bersama Anggota Terus Rawat dan Pantau Pertumbuhan Tanaman Indigofera di Desa Tolokalo

Kategori Berita

.

Ws Danramil Kempo bersama Anggota Terus Rawat dan Pantau Pertumbuhan Tanaman Indigofera di Desa Tolokalo

Koran lensa pos
Jumat, 08 Maret 2024

Perawatan rutin tanaman indigofera zollingeriana oleh Ws Danramil Kempo, Pelda Irwan bersama anggota

Dompu, koranlensapos.com -Untuk memastikan tanaman indigofera zollingeriana tetap tumbuh dengan baik, maka Ws Danramil 1614-02/Kempo, Pelda Irwan bersama anggota rutin melakukan perawatan dan pemantauan.

Pada hari Kamis ?7/3/2024) kemarin, Pelda Irwan bersama anggota kembali melakukan pemantauan perkembangan tanaman yang berlokasi di Dusun Kesi Desa Tolokalo Kecamatan Kempo itu. 

Sebagaimana biasa, rerumputan yang tumbuh di sekitar tanaman dibersihkan. Bila ada tanaman yang mati, disulam (diganti) dengan tanaman yang baru. Anggota juga melakukan pemupukan dan penyiraman secara intensif pada tanaman demplot tersebut.
Walhasil berkat keseriusan para anggota Koramil 02/Kempo merawat dan menjaga tanaman-tanaman tersebut, pertumbuhan mencapai lebih dari 80%.


Untuk diketahui, area Demplot Pakan Ternak Indigofera Zollingeriana ini merupakan kerja sama Kodim 1614/Dompu dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu. Penanaman perdana dihadiri langsung Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen Agus Bhakti pada 17 Desember 2023 lalu.


Penanaman pohon ini dalam rangka menyukseskan program dari Pimpinan Komando atas. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai pakan ternak yang memiliki kandungan nilai gizi  cukup tinggi bagi ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan kuda.

Diharapkan demplot indigofera ini dapat dijadikan area percontohan bagi masyarakat agar dapat beternak secara modern dengan penyediaan pakan yang berkualitas tinggi. Masyarakat tidak perlu lagi melepasliarkan hewan ternaknya karena banyak dampak yang ditimbulkan.

 "Mari kita bersama-sama menanam indigofera sebagai pakan ternak kita. Sampelnya bisa dilihat di Desa Tolokalo dan kini telah berhasil mencapai 80%, " ucap Ws Danramil, Pelda Irwan kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan. (emo).