Puncak Panen Jagung di Dompu Diprediksi Akhir Maret 2024

Kategori Berita

.

Puncak Panen Jagung di Dompu Diprediksi Akhir Maret 2024

Koran lensa pos
Minggu, 18 Februari 2024
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni di kawasan pertanian jagung Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB


Dompu, koranlensapos.com - Puncak pemanenan jagung di Kabupaten Dompu diprediksi pada akhir Maret 2024. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni.

"Ini berdasarkan monitoring dan pemantauan lapangan serta berdasarkan data realisasi tanam pada statistik pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu," kata Syahroni.

Disebutnya realisasi pertanaman komoditas jagung di Kabupaten Dompu periode Oktober 2023 sampai dengan Februari 2024 telah mencapai 47.092 Hektare yang tersebar di 8 kecamatan. Pada umumnya penanaman dilakukan antara bulan November dan Desember 2023.

"Mengacu pada realisasi tanam tersebut diperkirakan panen akan dimulai akhir Februari dan puncak panen jagung akan terjadi pada akhir bulan Maret 2024 dengan perkiraan luas panen seluas 29.698 Hektare," ujarnya.

Pejabat yang familiar disapa Dae Roni ini berharap semoga tahun ini para petani bisa menikmati harga yang benar-benar menguntungkan. 

"Semoga harga tidak terlalu  fluktuatif pada saat masa panen raya nanti, sehingga para petani bisa menikmati harga yang menguntungkan di tengah harga sarana produksi yang relatif meningkat di tahun ini," harapnya.

Mantan Sekretaris Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu ini mengemukakan jika merujuk pada rekapitulasi data harga jagung pipilan kering pada periode sepanjang bulan Januari 2024, rata-rata Rp. 7.300/Kg di tingkat petani. 

"Harga ini adalah harga tertinggi yang pernah ada sejak booming pertanaman jagung di Kabupaten Dompu 13 tahun yang lalu," tuturnya. (emo).