Komitmen Terhadap Perlindungan Anak Berbasis SIMEPPA, Pemda Dompu Raih Penghargaan "Anugerah KPAI 2023"

Kategori Berita

.

Komitmen Terhadap Perlindungan Anak Berbasis SIMEPPA, Pemda Dompu Raih Penghargaan "Anugerah KPAI 2023"

Koran lensa pos
Kamis, 20 Juli 2023

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menerima Penghargaan "Anugerah KPAI 2023) atas Komitmen Terhadap Perlindungan Anak Berbasis SIMEPPA


Jakarta, koranlensapos.com - 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menerima Penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Tahun 2023. Penghargaan tersebut bernama "Anugerah KPAI 2023". 

Penghargaan itu diterima Bupati Dompu, H. Kader Jaelani di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kamis (20/07/23).

Anugerah yang diterima Bupati AKJ merupakan anugerah penghargaan yang kedua kalinya dari tahun sebelumnya (tahun 2020).


Bupati Dompu H. Kader Jaelani menerima penghargaan Anugerah KPAI 2023 didampingi Sekda Gatot Gunawan PP, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak, Yayat Nurhidayat serta Jafung Penyuluh Sosial Ahli Muda DP3A Kabupaten Dompu, Nuratul Awaliyah



Bupati AKJ menerima penghargaan itu didampingi Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak Yayat Nurhidayat serta Jafung Penyuluh Sosial Ahli Muda Nuratul Awaliyah.


Penghargaan tersebut diraih karena komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu terhadap perlindungan anak berbasis Sistem Informasi Monitoring dan.Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEPPA).

Sekda menjelaskan setiap tahun KPAI memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berperan dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak Anak.

“Di tahun 2023 ini bapak Bupati AKJ  dianugerahi penghargaan karena dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak," ujarnya.

Menurut Gatot Gunawan pemberian penghargaan KPAI sebagai bentuk apresiasi KPAI kepada berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat/daerah, lembaga masyarakat, tokoh perorangan, hingga instansi penegak hukum terkait upaya-upaya perlindungan anak.

Berikutnya Sekda, mengungkapkan Bupati menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diraih Kabupaten Dompu.

“Penghargaan yang diraihnya menjadi bentuk kerja keras dari semua pihak terkait di Bumi Nggahi Rawi Pahu dan perlu untuk disyukuri”, ungkap Sekda menyambung penyampaian Bupati AKJ.

Akhirnya Sekda menyampaikan harapan penghargaan yang diraih dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus bersemangat  membangun daerah.

“Apa yang diraih ini hendaknya dapat menjadi motivasi yang kuat bagi kita semua untuk terus berbuat yang terbaik bagi kemajuan daerah dan kepada semua pihak yang telah ikut berperan mengantarkan Kabupaten Dompu meraih penghargaan disampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya”, tutupnya.

Acara anugerah penghargaan dihadiri Menteri PPPA, Ketua KPAI, Bupati/Walikota penerima penghargaan, pejabat Kementerian PPPA dan elemen penting lainnya. 

Ada 5 (lima) kabupaten/kota yang  mendapatkan Penghargaan ANUGERAH KPAI TAHUN 2023, yakni :
1. Kabupaten Agam (Sumatera Barat)
2. Kabupaten Hulu Sungai Utara (Kalimantan Selatan)
3. Kabupaten Muara Enim (Sumatera Selatan)
4. Kabupaten Dompu (NTB)
5. Kabupaten Pesisir Selatan (Sumatera Barat).
(emo/adv).