Dua Warga Nyaris Adu Jotos, Babinsa Daha Tampil Sebagai Penengah, Kedua Belah Pihak Sepakat Islah

Kategori Berita

.

Dua Warga Nyaris Adu Jotos, Babinsa Daha Tampil Sebagai Penengah, Kedua Belah Pihak Sepakat Islah

Koran lensa pos
Kamis, 20 Juli 2023


Proses mediasi perselisihan antar warga di aula Kantor Desa Daha, Rabu (19/7/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Seorang warga Desa Daha Kecamatan Hu'u dan seorang warga dari Desa Tembalae Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu nyaris melakukan adu jotos di Kantor Desa Daha pada hari Rabu (19/7/2023) pukul 09.11 Wita kemarin.

Peristiwa itu berhasil digagalkan oleh Babinsa Desa Daha Serda Abdullah Maulana. Babinsa berpostur kekar ini bersama Bhabinkamtibmas dengan sigap langsung melerai kedua warga yang dalam kondisi emosi yang memuncak itu.

 Babinsa dan Bhabinkamtibmas segera melakukan mediasi untuk mengurai permasalahan itu agar dapat diselesaikan.
Setelah melewati koordinasi dan perbincangan panjang, alhasil permasalahan tersebut dapat diselesaikan. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan menyelesaikan perselisihan itu secara kekeluargaan.

Akhirnya kedua belah pihak saling meminta maaf dan saling berjabatan tangan serta saling merangkul.


Pada kesempatan tersebut Babinsa mengimbau kepada warga, khususnya kepada warga yang bertikai, agar setiap ada permasalahan atau selisih paham seperti ini agar sesegera mungkin dikomunikasikan.
 
"Bagi Ketua RT dan RW harus berperan aktif dalam setiap permasalahan warga. Kalau tidak mampu sampaikan ke Kadus dan Kades, dan Kades pun wajib pula menginformasikan ke Pihak keamanan dalam hal ini Babinsa atau Babinkamtibmas," imbaunya.

Babinsa menambahkan agar jangan ada lagi timbul perselisihan seperti ini. Suasana dan keadaan saat ini sudah cukup lumayan baik dan harmonis.

"Jangan lagi ada timbul ketidaknyamanan hanya karena hal-hal seperti ini. Desa kita harus maju.  Kapan kita berkesempatan untuk membangun desa kalau warga kita kerap bertikai," wejangnya.


Babinsa juga menyampaikan arahan bahwa dalam waktu dekat akan Merayakan HUT RI ke 78. Pemkab Dompu akan menyelenggarakan lomba kebersihan di tiap-tiap Kecamatan dan Desa. 

"Desa Daha harus bisa unggul. Tidak boleh ketinggalan," ajaknya menyemangati. (emo).